M.I.N.N.A Community, Bersantai sembari Belajar Budaya Jepang

Written By Unknown on Minggu, 21 Desember 2014 | 11.35

Laporan wartawan Tribun Manado Fionalois Watania

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Hobi adalah salah satu kegiatan yang bisa membuat kita keluar dari penatnya rutinitas yang kita jalani. Apalagi jika berkumpul dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Waktu yang kita habiskan pun tidak menjadi sia-sia. Karena bisa saling berbagi bahkan belajar bersama tentang hobby yang gemari.

Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa komunitas M.I.N.N.A terbentuk. Berawal dari group Facebook yang membahas dan berdiskusi mengenai film, musik, maupun kebudayaan Jepang, komunitas yang kini beranggotakan 104 orang pun dibentuk semenjak tahun 2011.

"Komunitas kami exist sejak tiga tahun yang lalu. Pada awalnya kami hanya berinteraksi mengenai segala sesuatu tentang Jepang lewat group Facebook. Lama-lama membernya semakin banyak. Teman-teman pun mengusulkan untuk membuat komunitas. Akhirnya komunitas M.I.N.N.A pun terbentuk. M.I.N.N.A sendiri adalah singkatan dari Manado Ichiban No Nihon Animers, yang berarti komunitas Jepang nomor satu di Manado," kata Ferry Manampiring, selaku Ketua M.I.N.N.A Community.

Setelah terbentuk mereka pun rutin menggelar gathering bahkan terlibat dalam beberapa event dan lomba. "Dua minggu sekali kami mengadakan gathering di foodcourt Megamall. Kebetulan rata-rata anggota kami adalah anak kuliahan dan pelajar. Sehingga tidak memungkinkan setiap hari bertemu," katanya kepada Tribun Manado, Sabtu (20/12) saat ditemui di Foodcourt Megamall.

Komunitas Jepang di Manado

Lanjut Ferry, gathring tersebut juga dilakukan untuk menambah kekompakkan para member. "Kalo sudah ngumpul bisa betah selama berjam-jam. Karena yang dibahas memang sesuai dengan hobby kita," jelasnya.

Tidak hanya sekedar ngumpul bareng, mereka pun aktif mengikuti berbagai event yang digelar di Manado. Diantaranya JPOP and KPOP yang diselenggarakan di MTC, Bunkasai Unima, Christmas Joy For All di Megamall, Tribun Run di Kawasan Mega Mas, Christmas Peninsula, dan masih banyak lagi. Dari beberapa event tersebut, ada beberapa event lomba yang mereka ikuti dan berhasil menyabet gelar juara. "Kami pernah menjadi juara satu lomba game Naruto Shipuuden tiga, dalam Cosplay Invasion MTC 2013,  juara satu Cosplay Kategori group dalam lomba Summer Talent Festival, Juara satu Japan Fashion kategori male dalam lomba Fashion Week MTC 2014, dan event-event lainnya," kata Glenn, selaku koordinator Devisi Cosplay.

Komunitas Jepang di Manado

Selain event lomba ada juga kegiatan baksos yang mereka gelar. "Pada saat bencana banjir, kami turun ke rumah warga untuk membersihkan rumah mereka. Termasuk teman-teman kami yang terkena musibah. Kami juga terlibat dalam penggalangan dana untuk korban banjir dalam HUT Megamall," ujar Glenn.

Menurut Glenn komunitas M.I.N.N.A lebih dari komunitas biasa. "Ada begitu banyak manfaat yang saya dapatkan. Selain bisa mempunyai banyak teman, saya juga belajar hal-hal yang baru. Termasuk kerja sama team untuk membuat sebuah event. Komunitas kami pun berhasil menggelar event Minna No Sekai dengan menghadirkan guest dari luar Manado yaitu Yuritora Keiji pada 13-14 Agustus 2014 lalu," ucapnya penuh bangga.

Lanjut Glenn dalam komunitas M.I.N.N.A dia juga belajar banyak hal di bidang fashion dan theater. "Cosplay yang kami kenakan tidak disulap dan langsung jadi. Tapi butuh kreativitas untuk mendesign baju sesuai dengan karakter anime Jepang. Biasanya kami membeli bahan sendiri lalu di bawa ke tukang jahit. Belum lagi make up untuk memperkuat karakter sehingga persis seperti aslinya. Para pengguna cosplay pun harus mendalami karakter yang dia kenakan. Bisa dikatakan kami juga belajar akting. Penonton juga akan merasa antusias jika kami tampil maksimal," terangnya.

Archi Ruslim selaku sekretaris komunitas M.I.N.N.A berharap agar ke depan para anggota semakin kompak dan bisa mengikuti event kelas international. "Semoga komunitas M.I.N.N.A tetap exist dan kompak. Serta bisa mengikuti lomba skala international. Doakan kami untuk event Minna Ni Sekai yang rencananya akan diselenggarakan tahun depan. Semoga bisa sukses," tutupnya. (tiw)

Koordinator Komunitas M.I.N.N.A

Ketua         : Ferry Manampiring
Wakil        : Ahmad Ngorawan
Sekretaris     :Archi Ruslim
Bendahara    : Richard Tairas

Ketua Devisi Culture     : Bernandes Tulungagouw
Ketua Devisi Game     : Julio Kalangi,
Ketua Devisi Musik     : Alfredo Fatah
Ketua Devisi Cosplay : Glenn Poluan


Anda sedang membaca artikel tentang

M.I.N.N.A Community, Bersantai sembari Belajar Budaya Jepang

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/12/minna-community-bersantai-sembari.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

M.I.N.N.A Community, Bersantai sembari Belajar Budaya Jepang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

M.I.N.N.A Community, Bersantai sembari Belajar Budaya Jepang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger