Jelang Natal, Polisi Pastikan 'Meriam Tangan' Tak Terdengar di Manado

Written By Unknown on Minggu, 14 Desember 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Petasan tradisional jenis sperak atau lantaka segera menjadi objek razia Kepolisian.

Kepala Polresta Manado Komisaris Besar Polisi Sunarto mengatakan, sperak jenis petasan yang menggunakan spritus untuk memicu ledakan memang menjadi sasaran untuk ditertibkan. Petasan yang selalu marak jelang akhir tahun itu kerap dimanfaatkan terutama oleh anak-anak. Persoalannya, petasan tersebut kerap disalahgunakan.

"Kami banyak mendapat keluhan masyarakat karena sperak membuat kebisingan. Selain itu ada unsur kesengajaan, dimanfaatkan untuk mengagetkan pengendara sepeda motor. Itu yang membahayakan, bisa-bisa alami kecelakaan," kata Sunarto di Polda Sulut, Jumat (12/12/2014).

Berbeda dengan sperak, Kepolisian tidak bisa merazia kembang api karena produk yang beredar memiliki izin dari pemerintah. "Kita harus bedakan petasan dan kembang api. Kalau kembang api kan ada izinnya," kata dia.

Selain petasan yang bisa memicu kebisingan, objek penertiban Kepolisian yang lain yakni pengeras suara di mobil atau yang sering disebut toa.

Kata Sunarto, Kepolisian pun banyak mendapat keluhan soal peralatan pelantang suara itu. Biasanya alat itu banyak terpasang di angkutan umum. Namun, sejauh ini polisi masih memberikan imbauan agar pemilik kendaraan menertibkan sendiri sebelum nanti ditertibkan polisi.

"Kami imbau pemilik kendaraan mencopot sendiri," sebut dia.

Informasi Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Manado Ajun Komisaris Aidit Djafar, Sabtu (13/12/2014), pihaknya sudah menyita sejumlah alat pelantang suara dari angkutan umum. Tak hanya angkutan umum, kendaraan pribadi yang menggunakan alat tersebut akan disasar.
Ia menjelaskan, warga kerap mengeluhkan pelantang suara yang terpasang dalam volume tinggi sehingga membuat bising.(ryo/fer)

Ikuti berita-berita terbaru di tribunmanado.co.id yang senantiasa menyajikan secara lengkap berita-berita nasional, olah raga maupun berita-berita Manado terkini.


Anda sedang membaca artikel tentang

Jelang Natal, Polisi Pastikan 'Meriam Tangan' Tak Terdengar di Manado

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/12/jelang-natal-polisi-pastikan-meriam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jelang Natal, Polisi Pastikan 'Meriam Tangan' Tak Terdengar di Manado

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jelang Natal, Polisi Pastikan 'Meriam Tangan' Tak Terdengar di Manado

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger