KPA Cattleya Taklukkan Rinjani dan Semeru

Written By Unknown on Minggu, 31 Agustus 2014 | 11.35

Oleh Yudith Rondonuwu

TRIBUNMANADO.CO.ID - Terbentuk pada tanggal 1 Mei 2013, Kolompok Pecinta Alam (KPA) Cattleya punya belasan anggota. Uniknya, anggota mereka adalah karyawan-karyawan-karyawan hotel. Sebagian besar adalah karyawan Hotel Sintesa Peninsula Manado yang setiap hari harus berpenampilan seragam dan rapi.

Tentu saja ketika mendaki gunung (hiking) yang identik dengan komunitas lingkungan dan pencinta alam, mereka akan berubah penampilan sesuai dengan kondisi yang akan mereka taklukkan. Celana lapangan, jaket, kupluk, sepatu booth, debu dan tas ransel sudah menjadi standar ketika hiking yang merupakan bagian program KPA ini. "KPA  Cattleya ini terbentuk dari komitmen teman-teman yang punya hobi sama travelling dan hiking. Juga punya komitmen bersama untuk mencintai, menjaga agar selalu bisa menikmati alam yang hijau," ujar Murni Prastowo, Karyawan Sintesa Peninsula Hotel Manado, AnggotaKPA Cattleya.

Murni adalah satu diantara anggota perempuan di komunitas ini. Dia juga yang ikut ekspedisi khusus menaklukkan Gunung Rinjani dan Gunung Semeru pada Bulan Mei 2014. "Itu pengalaman yang takkan terlupakan seumur hidup. Rinjani dan Semeru tercatat sebagai bagian dari gunung tertinggi di Indonesia. Sungguh bangga di KPA Cattleya, saya bisa melakukan hal-hal yang luar biasa dan menemukan sahabat-sahabat sejati," ujarnya.

Ketua KPA Cattleya Faiby Mongi yang juga karyawan Sintesa Peninsula Hotel ekspedisi ke Rinjani dan Semeru adalah bagian dari program tahunan mereka. Bagi dia ekspedisi kali ini sangat berkesan karena ada seorang temannya yang hampir meninggal karena hypotermia. "Memang kalau hiking kita harus siap fisik dan mental. Kalau tidak bisa pulang tak bernyawa. Tapi saya yakin kalau kita punya niat baik, untuk menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan, perjalanan mendaki akan sangat nikmat dan bermakna," katanya.

Dikatakannya tim yang ikut dalam Ekspedisi ke Rinjani dan Semeru, selain dia dan Murni ada juga Jajang Ruhiana, Karyawan Sintesa Peninsula Hotel dan Junaidy Pusung karyawan dan juga organisasi KPALANG Langowan. "Dari ekspedisi ini kami bisa mengenali diri sendiri, mengetahui karakter-karakter asli, yang egois, emosi keluar semua. Tapi bersyukur tim kami solid sehingga selalu ada jalan keluar ketika kami ada masalah dalam ekspedisi yang terjadwal hampir satu bulan karena Rinjani di Lombok dan Semeru di Jawa Timur," kata Faibi.

Adapun selain ekspedisi, KPA Cattleya punya program lainnya seperti kegiatan sosial, terlibat dalam kegiatan bakti sosial bersih laut, bersih gunung bersama komunitas-komunitas pencinta alam lainnya.

Melihat Keindahan Ciptaan Tuhan

Ketua KPA Cattleya Faiby Mongi bersyukur kegiatan mereka mendapat dukungan dari banyak pihak. Termasuk dari manajemen Sintesa Peninsula Hotel dan Griya Sintesa Peninsula. Misalnya saat ekspedisi ke Rinjani dan Semeru yang membutuhkan biaya tidak sedikit, mereka mendapat sponsor dari pimpinan.

Menurut Faiby hal itu wajar karena ekspedisi, hiking atau pendakian di gunung tertinggi itu merupakan hobi positif yang membawa banyak dampak positif. "Selain olahraga, kita bisa melihat keindahan ciptaan Tuhan dan bisa belajar memaksimalkan potensi wisata dengan cara yang baik," katanya.

Ia menyimpulkan itu ketika ke Semeru. Mereka melihat pengelolaan wisata Gunung yang bisa diadopsi di Manado, Sulawesi Utara yang punya banyak gunung tinggi. Ada iuran masuk, pengelolaan sampah, jasa guide, jasa porter (pengangkut barang) yang membuat masyarakat di sekitar gunung itu mendapat lapangan pekerjaan. "Hiking itu hobi yang positif. Tentu saja menurut saya bisa liburan dengan hiking memang capek tapi punya pengalaman luar biasa dan menjadi semangat ketika kembali bekerja," ujar Feiby.


Anda sedang membaca artikel tentang

KPA Cattleya Taklukkan Rinjani dan Semeru

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/08/kpa-cattleya-taklukkan-rinjani-dan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPA Cattleya Taklukkan Rinjani dan Semeru

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPA Cattleya Taklukkan Rinjani dan Semeru

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger