Dipercaya Berkhasiat, Banyak Warga Tionghoa Beli Labu

Written By Unknown on Kamis, 28 Agustus 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID - Terik panas matahari Senin siang (25/8/2014) saat menelusuri jalan Airmadidi. Mata tertuju pada kios kecil yang memajung sayur berukuran besar di Kelurahan Sukur Lingkungan III untuk bertanya dan melihat langsung sayur yang tumbuh besar.

Renny Rumengan (46) pemilik kios menyambut hangat saat disapa. Dia mencoba mempromosikan dagangannya. Dikatakan Renny,  sayur Labu ini dapat menyembukan penyakit tipes, gula dan liver. "Sudah banyak orang yang sembuh dengan sayur labu ini bahkan banyak orang yang membeli sayur labu untuk dikonsumsi," ucap Renny.

Ukuran sayur ini cukup unik sebab bentuknya lonjong dan bisa mencapai panjang 50 cm bahkan lebih dalam waktu kurang dari 1 bulan. Berat sayur ini bisa mencapai 10 Kg. "Kurang lebih tiga minggu sayurnya sudah besar dan siap dipanen untuk dikonsumsi menjadi obat dengan cara bisa dibuat jus ataus disajikan dalam masakan," ujarnya.

Kata Renny, harga sayur labu ukuran kecil Rp 25 ribu, ukuran sedang Rp 60 ribu, dan ukuran besar mencapai Rp 100 ribu. "Harganya bisa ditawar sesuai kecocokan dengan pembeli, biasanya pembeli menawar harga sedikit sehingga mencapai harga pas dan terjual," tuturnya.

Ia mengatakan, konsumen terbanyak dari keturunan Tiongha. Mereka percaya khasiat sayur labu bisa menyembuhkan penyakit. Selain mereka, banyak juga orang Gorontalo dan Jawa mencari sayur ini.

Ada beberapa orang biasanya memesan dalam jumlah banyak, dibawa sampai ke Timika, Ternate paling banyak biasanya buah manggis dan duku.

Selain menjual sayuran Renny jualan buah. "Semua buah-buah ada tapi karena tidak musim makanya hanya pisang, umbi, ketimun, dan semangka harga Rp 10 ribu perkilogram," ungkapnya.

"Jika musim buah satu hari bisa dapat Rp 1 juta. Sedangkan kalau hari biasa hanya Rp 100 atau 200 ribu," pungkas Renny yang berjualan sejak 23 tahun lalu. (maickel karundeng)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dipercaya Berkhasiat, Banyak Warga Tionghoa Beli Labu

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/08/dipercaya-berkhasiat-banyak-warga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dipercaya Berkhasiat, Banyak Warga Tionghoa Beli Labu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dipercaya Berkhasiat, Banyak Warga Tionghoa Beli Labu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger