Pengamat: Elite Harus Dewasa Berpolitik

Written By Unknown on Jumat, 11 Juli 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pengamat politik Ferry Liando menungkapkan, masyarakat Sulut telah memberikan kewajibannya memberi suara di TPS. Dan apapun hasilnya masyarakat telah menerima. Artinya kedewasaan berpolitik masyarakat sudah semakin mantap. Sekarang masyarakat menuntut kedewasaan berpolitik dari elit politik di sulut.

Selama ini konflik politik sesungguhnya bukan berasal dari masyarakat, tetapi justru datang dari elite-elite politik, terutama dari pihak yang kalah. Masyarakat selama ini sesungguhnya hanya korban provokasi elite. Oleh karena itu elite-elite politik di Sulut harus banyak belajar dari kedewasaan berpolitik grass root.

Kemudian, koalisi partai-partai peraih suara terbanyak di pemilu ternyata tidak berbanding lurus dengan suara pada pilpres. Ini pertanda bahwa koalisi itu hanya sebatas koalisi elit-elit politik bukan atas dasar koalisi rakyat.

Adapun Taufik Tumbelaka, pengamat politik lainnya, mengatakan, hasil hitung cepat dari masing-masing calon menghasilkan selisih kemenangan tipis kisaran 3 persen sampai 5 persen dengan margin error sekitar 2 persen sampai 3 persen. Maka angka masing-masing kandidat bisa naik atau turun.

Melihat tipisnya selisih angka, kata dia, diharapkan semua pihak mengawal KPU secara ketat karena pilpres berpotensi menjadi sengketa dan diulang seperti Pilgub Jatim. Selisih minimal 10 persen atau idealnya 12 sampai 15 persen agar legitimasi kemenangan makin kuat dan meminimalkan potensi konflik.

Untuk itu, para elite politik saat ini diuji jiwa kepemimpinannya agar ikut menciptakan iklim yang sejuk, terutama diharapkan para kepala daerah yang menjadi tim sukses ikut menciptakan iklim yang sejuk.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pengamat: Elite Harus Dewasa Berpolitik

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/07/pengamat-elite-harus-dewasa-berpolitik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengamat: Elite Harus Dewasa Berpolitik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengamat: Elite Harus Dewasa Berpolitik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger