Bersih dan Gratis di BNI dan Polresta Manado

Written By Unknown on Kamis, 24 Juli 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID - Toilet adalah sarana wajib tersedia di instansi-instansi pemerintah yang melayani publik. Karena dibangun dari anggaran pemerintah, sarana tersebut juga tak seharusnya dikomersialisasikan. Itulah yang diterapkan di Markas Polresta Manado dan Kantor Wilayah BNI Manado. Selain gratis, toilet di dua lokasi itu juga bersih.

Demikian pantauan Tribun Manado pada Selasa (22/7/2014). Di Polresta, kondisi toilet bersih dan tak bau. "Untuk kebersihan toilet memang rutin dibersihkan. Apalagi ini kepentingan publik. Ini dibersihkan dengan tenaga office boy (OB) dari pagi hingga siang," kata Kapolresta Manado Komisaris Besar Sunarto melalui Ajun Komisaris Johny Kolondam.

Di Markas Polresta banyak terdapat toilet, dari penjagaan hingga ruang tahanan. Kata Kolondam, tenaga OB bekerja dengan baik, apalagi ketersediaan air di Polresta cukup banyak.

Amatan Tribun, dua toilet yang berada di dekat ruang SKCK terlihat bersih dari sampah dan tidak menimbulkan bau. Selain itu terdapat baskom yang berisikan air. Ada juga dua toilet yang berada di dekat SPKT, satu toilet masih bisa digunakan sedangkan satunya sudah tidak bisa digunakan lagi.

"Bagi masyarakat yang datang ke Polresta Manado dan menggunakan toilet tolong memperhatikan kebersihan. Banyak seringkali masyarakat sehabis menggunakan tidak menyiram, sehingga tercium bau, tapi ini sering dibersihkan," ujarnya.

Kolondam menambahkan, beberapa hari lalu, toilet-toilet di Polresta disedot, sehingga proses pembuangan tetap lancar. Kebersihan toilet juga dipantau langsung Bagian Siwas atau Seksi Pengawasan.

"Jadi masyarakat yang datang ke Manado jangan khawatir karena Polresta dilengkapi toilet yang bersih. Selain itu, seluruh anggota bertanggung jawab kebesihan kantor terutama toilet," ucap Kolondam.

Toilet yang nyaman juga sangat terasa di Kantor BNI Wilayah Manado. Masuk dari pintu utama, langsung berbelok kanan, akan ditemukan lokasi toilet, sekitar 10 meter jaraknya. Pertama ditemui adalah toilet untuk pria. Aroma harum dari wewangian langsung tercium begitu berada di situ.

Bau pesing yang biasanya tercium ketika berada di toilet sehingga menimbulkan rasa jijik tidak ada sedikit pun. Pengunjung pun merasa tenang dan nyaman saat membuang hajat.

Selain wangi, kebersihan pun begitu diperhatikan. Lantai yang berbahan keramik tidak ada sedikit pun noda yang menempel, seluruhnya bersih.

Tempat untuk buang air kecil untuk pria ada dua unit. Menggunakan merk terkenal dari Italia, berwarna putih bersih. Keran untuk mengeluarkan air pun mengilap semuanya. Pada pembatas yang memisahkan keduanya terdapat pot bunga, tumbuh subur  pohon hiasan, meskipun hanya menggunakan media air.

Di sudut lainnya terdapat dua wastafel putih. Pada dindingnya terdapat cermin besar yang bisa memantulkan seluruh ruangan yang berukuran sekitar 4x5 meter. Juga tidak ada noda yang menempel.

"Bersih, ya toiletnya, harum lagi," ujar Taufik, satu di antara peserta buka puasa bersama, yang ke toilet untuk buang air kecil dan berwudhu.

Asisten Unit GSN Kantor BNI Wilayah Manado Regina Caeli mengungkapkan, toilet di BNI kebersihannya dikontrol rutin. Ada petugas kebersihan yang selalu siaga membersihkan. "Selain itu, selalu diingatkan kepedulian semua pegawai untuk menjaga kebersihan," ungkapnya.

Selain pewangi, toilet di situ juga selalu menyediakan sabun cair dan tisu. (erv/def)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bersih dan Gratis di BNI dan Polresta Manado

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/07/bersih-dan-gratis-di-bni-dan-polresta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bersih dan Gratis di BNI dan Polresta Manado

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bersih dan Gratis di BNI dan Polresta Manado

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger