Waspada, Produk Ilegal Beredar di Sulut

Written By Unknown on Kamis, 19 Juni 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sebanyak 5.890 satuan kosmetik dan 538 obat tradisional ilegal ditemukan oleh Balai Besar Pemeriksaan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado dalam operasi beberapa waktu lalu. Total nilai barang sitaan tersebut berkisar Rp 175 juta.

Kepala BBPOM Manado Susan Arpan mengatakan, operasi dilakukan secara nasional serentak pada pada 10 hingga 11 Juni. BBPOM melakukan operasi penertiban pasar, obat tradisional, dan kosmetik ilegal.

"Selama dua hari itu ada temuan yang tidak memenuhi ketentuan kurang lebih Rp 175 juta, untuk obat tradisional sekitar Rp 7,9 juta dan sisanya Rp 167 juta kosmetik ilegal," kata Susan kepada Tribun Manado, Rabu (18/6/2014).

Dari temuan tersebut BBPOM mendapati ada jamu yang diduga mengandung bahan kimia obat fenibutasol asam urat dan nomor registrasinya fiktif. "Kita sudah cek di badan BPOM nomor registrasinya fiktif," tambah Susan.

Mengenai kosmetik tanpa izin edar, seharusnya perusahaan mendaftarkan terlebih dahulu di badan BPOM dapat nomor notifikasi baru bisa beredar. Kosmetik yang ditemukan tidak memiliki izin edar di Manado itu tidak mengandung bahan kimia.

Kata dia, BBPOM Manado akan kembali melakukan inspeksi bahan kedaluwarsa maupun yang tidak memiliki izin menjelang Ramadan. Meskipun sidak yang dilakukan merupakan kegiatan rutin, menjelang hari raya akan semakin diintensifkan. Sebab menjelang Ramadan dan Idul Fitri biasanya konsumsi masyarakat meningkat. "Selain itu, di Sulut juga akan digelar pengucapan syukur di beberapa daerah," tuturnya.

Tindakan itu untuk mencegah jangan sampai bahan-bahan berbahaya bagi tubuh manusia yang dicampurkan ke produk pangan seperti boraks, rodamin B, maupun yang lainnya. "Sebab jika bahan berbahaya tersebut masuk ke dalam tubuh manusia akan menyebabkan berbagai macam penyakit," tuturnya.

Kata dia, pihaknya akan bekerja sama dengan Disperindag Sulut untuk melakukan sidak tersebut. Hal itu juga diakui Kepala Disperindag Sulut Olvie Atteng. "Terutama produk pangan, karena kebutuhan masyarakat akan meningkat pada momen tersebut," tuturnya.

Temuan BBPOM

* Obat Tradisional
1. Jamu Jawa Dwipa Kleceng Sakti
2. Lo-han Kuo Infusion
3. Bao Ji Wan

* Kosmetik
1. Goat's Milk Whitening Shower Cream Lavender
2. Etude Pencil
3. Essence Natural Fruit 400 gram
4. Serbuk Putri Raja
5. Maybelline Eyeliner
6. Walet Super Gold Whitening padat
7. Walet Cream paket
8. Dodora Lipstik
9. Esther paket
10. Gliter untuk mata
11. Facial Foam Papaya
12. Colagen Protein
13. Paket susu domba
14 Sabun Thailand
15. Pounds spf Oily
16. Ponds Detok
17. Esther Bleaching Cream

* Tidak Memenuhi Ketentuan
1. Purbasari Sabun Sirih Beauty Aroma Musk
2. Purbasari Sabun Sirih Manjakani
3. Purbasari Eye Brow Pencil Black
4. Purbasari Face Powder
5. Purbasari Lulur Mandi Bengkoang


Anda sedang membaca artikel tentang

Waspada, Produk Ilegal Beredar di Sulut

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/06/waspada-produk-ilegal-beredar-di-sulut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Waspada, Produk Ilegal Beredar di Sulut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Waspada, Produk Ilegal Beredar di Sulut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger