Kasus 32 PNS Keracunan Makanan, Polresta Manado Belum Tetapkan Tersangka

Written By Unknown on Kamis, 19 Juni 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut Ronald Sorongan menjamin produksi ikan di Sulut bebas dari kontaminasi dari racun berbahaya.

Pernyataan tersebut mengomentari kasus keracunan yang menimpa pegawai negeri sipil di Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut, Selasa (17/6/2014).

Sorongan mengungkapkan, biasanya bahan berbahaya yang tercampur di hasil tangkapan ikan adalah formalin atau boraks sebagai bahan pengawet. Namun, menurutnya, itu tak langsung bereaksi. "Jika korban keracunan akibat formalin atau boraks, reaksinya akan terasa satu minggu kemudian. Kan mereka langsung keracunan setelah makan," katanya kepada wartawan di Kantor Gubernur, Rabu (18/6/2014).

Sorongan menilai, ketimbang dugaan mengarah ke ikan hasil tangkapan, justru kemungkinan besar keracunan diakibatkan sesuatu yang terkandung dalam makanan jadi, alat masak dan atau bumbu masak.

"Tapi marilah kita tunggu hasil penelitian. Yang pasti, saya jamin produksi ikan Sulut aman," katanya.

Sementara itu, Polresta Manado telah memeriksa saksi-saksi terkait kasus keracunan tersebut. Polresta belum menetapkan tersangka atasnya. "Kita sudah memeriksa saksi-saksi, pemilik catering juga sudah kita periksa. Kita belum menetapkan tersangka, walau tidak ada laporan, kalau cukup bukti," kata Kasat Reskrim Ajun Komisaris Dewa Made Palguna.

Ia mengatakan, saat ini sedang dilakukan pengambilan sampel dan menunggu hasil dari BPOM dan Dinas Kesehatan. Palguna mengaku, hasilnya paling lama satu minggu sudah ada.

Sebanyak 32 PNS dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP Kandou Manado karena diduga mengalami keracunan makanan saat makan siang dalam acara pelatihan di SPMA, Kalasey.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kasus 32 PNS Keracunan Makanan, Polresta Manado Belum Tetapkan Tersangka

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/06/kasus-32-pns-keracunan-makanan-polresta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kasus 32 PNS Keracunan Makanan, Polresta Manado Belum Tetapkan Tersangka

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kasus 32 PNS Keracunan Makanan, Polresta Manado Belum Tetapkan Tersangka

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger