Uruguay Berpesta, Fans Inggris Sasaran Olok-olok

Written By Unknown on Sabtu, 21 Juni 2014 | 11.35

Laporan wartawan Tribun Manado Yudie Thirzano dari Brasil

Dunia sepak bola selalu memberi warna yang berbeda di setiap kesempatan. Kadang menghadirkan kebahagiaan, di lain waktu mendatangkan kesedihan. Lebih dari itu, ada sekelompok orang yang bahagia, namun tak sedikit yang harus menghapus butiran air mata yang mengalir di pipi.

ITU pula yang saya temukan tatkala menikmati suasana Stadion Arena Corinthians, di kota Sao Paulo, Brasil, Jumat kemarin. Puluhan ribu penonton terbagi dalam tiga kelompok besar, yakni fans yang bersuka cita, lalu penggemar yang harus berurai air mata dan 'pool' ketiga adalah mereka yang tak peduli dengan dua tim, yang penting menikmati pertandingan.

Penyebab beragam suasana tersebut tak lain adalah dua gol yang dicetak Luis Suarez ke gawang Joe Hart. Aksi itu membuat striker Uruguay tersebut dielu-elukan di stadion. Tak hanya itu, bomber Liverpool tersebut juga menjadi pembicaraan di Sao Paulo mulai dari stadion, Fan Fest hingga stasiun kereta Metro.

Di dalam stadion, fans Uruguay menyanyikan nama Luis Suarez dan memajang poster 'God Save The King' dengan foto sang pemain di bawah tulisan itu. Sejumlah penonton di kawasan Fan Fest di Anganhabaus di pusat kota Sao Paulo, menangkap kesan 'God Save The King' sebagai plesetan 'God Save The Queen', lagu kebangsaan Inggris. Sebagian pendukung Uruguay tertawa riang saat poster tersebut dimunculkan di layar raksasa.

Saya melihat pendukung Uruguay seperti berpesta juara usai mengalahkan Inggris di Sao Paulo. Usai meninggalkan kawasan Stadion Arena Corinthians menuju Shopping Mal di seberang stadion. Mereka meniupkan terompet dan bernyanyi. Nama Suarez dinyanyikan saat rombongan pendukung Uruguay melintas di depan kerumunan warga.

Di stasiun kereta api dari arah Corinthians yang berada di sisi timur Sao Paulo menuju pusat kota, suporter warna biru muda juga mendominasi. Mereka kerap mengejek saat berpapasan dengan suporter Inggris. Suporter Inggris juga menjadi olok-olok warga Brasil. "Selamat jalan Inggris, kami ikut berduka kalian pulang lebih awal," kata seorang perempuan pekerja swasta di dalam kereta dari Stadion Corinthians ke pusat kota.

Dua pendukung Inggris yang masih menggunakan jersey tim sempat tertunduk lalu seorang di antaranya menjawab, "Kami kan tak seperti Spanyol. Yang sudah pasti tersingkir. Kami masih ada harapan," kata pemuda dengan wajah dicat warna bendera Inggris. Kedua pemuda duduk persis di samping saya itu mengungkapkan, Inggris belum benar-benar tersingkir usai kalah dari Uruguay.

Inggris masih bisa lolos ke babak 16 besar bila Italia mengalahkan dua lawan yang tersisa yaitu Kosta Rika dan Uruguay. Kemudian Inggris menang atas Kosta Rika di Stadion Mineirao, Belo Horizonte pada 24 Juni. Laga Italia melawan Kosta Rika sudah digelar saat berita ini diturunkan.

Kedua pemuda pendukung Inggris harus tahan mendengar olok-olok penumpang termasuk sejumlah pendukung Uruguay yang menumpang kereta yang sama sepanjang rute dari Stadion Arena Corinthians menuju pusat kota di mana Fan Fest berada, yakni di Anganhabau. Sekitar 15 menit perjalanan dengan kereta dari stadion menuju pusat kota.

Di Fan Fest, ribuan pendukung Uruguay juga berpesta merayakan kemenangan atas Inggris. Mereka mengolok-olok suporter Inggris sambil bernyanyi. Namun kondisi tetap damai di antara kedua kelompok suporter. Sesekali antarpendukung saling bercanda dan berfoto bersama. Usai nobar, panitia Fan Fest menyuguhkan penyanyi rap untuk menghibur penonton.

Fans Inggris yang menjadi sasaran olok-olok mencoba menghibur diri. "Beberapa pemain tampil mengecewakan, tapi kami masih punya harapan. Mereka menang karena punya Suarez," kata Sean dari Kota Liverpool.

James Sakal, pemuda asal London tak bisa menyembunyikan kekecewaan. Namun dia tetap optimis pada masa depan tim Inggris. "Saya tak terlalu gembira. Tapi kami berharap bisa. Pemain kami juga dipenuhi anak muda sehingga punya prospek untuk masa depan," katanya. (tribunnews.com/ytz)


Anda sedang membaca artikel tentang

Uruguay Berpesta, Fans Inggris Sasaran Olok-olok

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/06/uruguay-berpesta-fans-inggris-sasaran.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Uruguay Berpesta, Fans Inggris Sasaran Olok-olok

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Uruguay Berpesta, Fans Inggris Sasaran Olok-olok

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger