Unsrat Manado Bidik Mahasiswa Asing

Written By Unknown on Kamis, 19 Juni 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado mendorong dan menfasilitasi internasionalisasi pendidikan tinggi melalui peningkatan jumlah mahasiswa asing, program internasional dan pertukaran dosen dan mahasiswa.

Hal itu dilakukan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2014. "Sebagai implementasi Unsrat telah melakukan beberapa program antara lain bekerjasama dengan Direktorat Kerjasama Asean Kementerian Luar Negeri membentuk pusat studi Asean," ujar Wakil Rektor IV dan Ketua Pusat studi Asean Unsrat Prof DR Ir David A Kaligis DEA dalam Edukasi Publik Masyarakat Ekonomi Asean 2014, Rabu (18/6/2014).

Selain itu, melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan mahasiswa perguruntinggi sebagai hasil kerjasama dengan Direktorat Kerjasama Asean pada Maret 2014 yang lalu. Pihaknya juga telah mengirim delegasi untuk menghadiri regional meeting pergurun tinggi di kawasan Asean ke beberapa universitas di Thailand di antaranya Prince Songkla University dan NIDA University di Bangkok. Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan seluruh pusat studi Asean Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia dan Vietnam.

Untuk mencapai kesetaran pendidikan tinggi mengantisipasi komunitas Asean Unsrat telah membangun beberapa international lingkage di antaranya post graduate Program on Tropical Fisheries yang melibatkan beberapa universitas seperti Kasertsart University Thailand, University of the Philipine in Visayas, Unsrat dan Kagoshima University Japan.
Kerjasama ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan tinggi dengn meningkatkan output modal intelektual yang inovatif.

Unsrat baru saja mendatangani perpanjangan MoU dalam satu konsorsium dengan Kumamoto University dari Jepang dan beebrapa unibersitas di kawaan timur Indonesia. Adapun bentuk riil dari kegiatan ini, yaitu adanya joint research dan joint lecture antara anggota konsorsium, setiap tahun selalu menyelenggarakan program rutin, yaitu meeting pimpinan, seminar taraf internasional dari hasil-hasil penelitian bersama.

"Unsrat juga melakukan kajian bagaimana menguatkan sDM dalam kerangka ACE 2015, yaitu dengan pemetaan mutu, analisis kebutuhan mutu serta perbaikan mutu untuk menyusun standar pendidikan. Dari kajian tersebut teridentifikasi beberapa keterampilan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Unsrat Manado Bidik Mahasiswa Asing

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/06/unsrat-manado-bidik-mahasiswa-asing.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Unsrat Manado Bidik Mahasiswa Asing

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Unsrat Manado Bidik Mahasiswa Asing

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger