Unsrat Lepas 732 Wisudawan

Written By Unknown on Rabu, 25 Juni 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Lulus kuliah dan menyandang gelar sarjana belum menjadi ukuran keberhasilan mahasiswa. Dengan ilmu yang dimiliki mereka diharapkan mampu menyejahterakan diri, bahkan menjadi pemimpin.

Demikian harapan dan pesan yang disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado kepada 732 mahasiswa yang baru saja diwisuda, Selasa (24/6/2014), di Auditorium Unsrat.

"Anda menjadi pilihan. Keberuntungan Anda yang lulus di universitas yang terbaik. Anda lulus saat ekonomi dan politik sangat baik sebab pertembuhan ekonomi yang baik. Jangan takut untuk mencari pekerjaan," ujarnya.

Kasim berharap para wisudawan bisa menjadi pemimpin. Pemimpin yakni membuat segala sesuatu yang berbeda namun lebih baik untuk melayani masyarakat.

"Setelah Anda tamat ada tiga pilihan. Pertama, bekerja secara profesional sesuai bidangnya. Kedua, (jadi) PNS, tapi jangan berharap menjadi PNS sebab setiap tahun terus berkurang. Anda menjadi wirausaha sendiri yang menjadi harapan pemerintah dan Dikti. Ketiga, menlanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pemerintah menyediakan beasiswa yang begitu banyak. Dengan catatan punya reputasi akademik bagus," jelas dia.

Musliar juga berpesan para wisudawan menjadi contoh bagi orang lain. Seorang sarjana, menurut dia, adalah orang pilihan.

"Jadilah Anda menjadi solusi dalam masalah. Jangan mudah menyerah sebab orang sukses mengalami pasang surut. Jangan lupa berbakti bagi orangtua Anda. Jaga nama baik almamater Anda sebab reputasi alumni Unsrat sudah cukup baik dan jangan lupa beribadah sesuai agama dan kepercayaan masiang-masing," pesannya.

Turut menghadiri wisuda tersebut Gubernur Sulawesi Utara SH Sarundajang dan Kapolda Sulut Brigjen Pol Jimmy Palmer Sinaga. Gubernur menyampaikan banyak selamat dan sukses bagi wisudawan bersama orangtua.

"Saya merasakan sesuatu yang surprise dengan sambutan dari Plt Rektor. Saya mengakui lalai sebab banyak tugas. Saat ini Unsrat mulai sejuk sebab sempat menjadi panas," tuturnya.

Sarundajang mengingatkan tantangan ke depan. Pada 2015 mendatang Indonesia masuk dalam pasar bebas ASEAN. "Kita akan menerima keterampilan, modal, sumber daya asing dengan bebas datang kepada kita. Jika hilang karakter maka semuanya akan hilang dan sia-sia," kata dia.

Glad Maringka, satu di antara lulusan yang diwisuda mengaku sangat senang dan bangga. Ia kini menyandang gelar sarjana ekonomi dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,48. Kepada Tribun Manado, ia mengatakan akan kangen pada teman-temannya karena masing-masing akan memiliki kesibukan masing-masing.

"Senangnya ketika kumpul bersama teman-teman menyusun skripsi bersama dan mengerjakan tugas bersama. Itu akan menjadi kerinduan saya. Saya juga pernah dimarahi dosen karena terjadi salah paham. Tapi itu semua merupakan ujian mental saya," tuturnya.

Wisuda itu ditutup dengan foto bersama. Sejumlah wisudawan mengabadikan momen itu menggunakan "tongkat narsis".


Anda sedang membaca artikel tentang

Unsrat Lepas 732 Wisudawan

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/06/unsrat-lepas-732-wisudawan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Unsrat Lepas 732 Wisudawan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Unsrat Lepas 732 Wisudawan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger