Pengerjaan Ruas Kokapoy-Tutuyan Ditunda

Written By Unknown on Senin, 16 Juni 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan membangun jalan sepanjang 27 kilometer pada tahun ini.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Boltim, Sahrul Abdul Muis mengatakan sebanyak 21 paket proyek pembangunan jalan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Boltim.

Kini mulai dikerjakan oleh pihak ketiga. "Sudah ada 17 proyek dikerjakan dan 4 proyek lainnya sedang menunggu penandatangan kontrak kerja," kata Muis, pada Minggu (15/6/2014).

Muis mengungkapkan jalan yang mulai dibangun dan diaspal antara lain jalan perkebunan Toput dengan anggaran Rp 1,6 miliar, Jalan Desa Matabulu-Jiko Belanga Rp 6,9 miliar, jalan Desa Idumun Rp 2,2 miliar, jalan Desa Tombolikat Rp 1,6 miliar, Jalan Desa Liberia Rp 2,1 miliar, Jalan Desa Guaan Rp 2,2 miliar, jalan Desa Lanud, Rp 1,4 miliar, jalan perkebunan Kokoiton Rp 1,1 miliar, jalan perkebunan rata uyu Rp 1,4 miliar, Jalan Pasar purworejo Rp 10,7 miliar dan Lanjutan jalan Atoga-Moaat Rp 2,6 miliar.

"Pembangunan jalan perkebunan Ponubu, jalan Desa Kotabunan, jalan Ariang Desa Motongkad, jalan Bongkudai Insil, Jalan Desa Iyok dan Jalan perkebunan Lonsiou di Desa Motongkad," ungkapnya, pada Minggu (15/6/2014).

Sedangkan empat proyek lainnya sedang dalam masa sanggah di Unit Layanan Pengadaan (ULP). Keempat jalan tersebut seperti Jalan Desa Paret, jalan Desa Kayumoyondi, Jalan Desa Badaro dan Jalan Desa Loyow. "Empat pekerjaan ini agak terlambat karena sebelumnya tiga kali gagal tender. Sebab tak memenuhi syarat administrasi," jelasnya.
Dia mengungkapkan terdapat satu proyek jalan yang ditunda pengerjaanya yakni jalan Desa Kokapoy-Ibukota Kabupaten sepanjang 13 km dengan anggaran Rp 5,7 miliar.

"Proyek ini ditunda karena harus menunggu ijin dari kementerian Kehutanan karena melewati hutan lindung. Perencanannya sudah siap, kalau sudah ada ijin kapan pun kami siap," jelasnya.

Dia mengungkap tahun ini Pemda Boltim menyediakan dan sekitar Rp 45 miliar untuk pembangunan jalan di Boltim sepanjang 27 km dan 21 km diantaranya adalah pengaspalan.

"Tinggal jalan Desa Jiko 1,7 kilometer, Jalan Desa Buyandi-Bai, Lanjutan Jalan Lanut-Badaro, lanjutan Jalan Bukaka, lanjutan Jalan Jikobelanga dan Jalan Kokapoi. Ditargetkan tahun depan sudah selesai dibangun, tapi disesuaikan dengan kemampuan anggaran," tegasnya.

Selain itu terdapat pula, 11 paket jalan perkebunan yang anggarannya dibawa Rp 200 juta. Pengerjaannya pun sudah sudah hampir selesai dilaksanakan. "Untuk pembangunan jalan Kotabunan-Bukaka dibatalkan karena adanya rencana pihak PT ASA mengalihkan jalan itu," terangnya.

Kepala Dinas PU Boltim, Minderd Mawu mengatakan pihaknya akan semakin tegas dalam mengawasi setiap pelaksanaan proyek oleh pihak ketiga. Dia mengaku telah memerintahkan bawahannya untuk melakukan monitoring dan evaluasi setiap minggu. "Setiap minggu kontraktor akan diberi target. Jika tak bisa dipenuhi, akan jadi utang minggu depannya. Semua harus selesai sesuai kontrak, kecuali faktor cuaca," tegasnya.

  Jalan perkebunan Toput Rp 1,6 miliar
  Jalan Perkebunan Lonsou Rp 507 juta
  Jalan Desa Matabulu-Jiko Belanga Rp 6,9 miliar
  Jalan Desa Idumun Rp 2,2 miliar
  Jalan Desa Iyok Rp 709 miliar
  Jalan Desa Tombolikat Rp 1,6 miliar
  Jalan Desa Liberia Rp 2,1 miliar
  Jalan Desa Bongkudai-Insil Rp 989 Juta
  Jalan Desa Guaan Rp 2,2 miliar,
  Jalan Desa Lanud, Rp 1,4 miliar,
  Jalan perkebunan Kokoiton Rp 1,1 miliar
  Jalan Perkebunan Ariang Rp 643 Juta
  Jalan Desa Kotabunan Rp 570 juta
  Jalan perkebunan rata uyu Rp 1,4 miliar
  Jalan Perkebunan Ponubu Rp 432 juta
  Jalan Pasar purworejo Rp 10,7 miliar
  Lanjutan Jalan Atoga-Moaat Rp 2,6 miliar.
  Jalan Desa Kayumoyondi Rp 1,5 miliar
  Jalan Desa Paret Rp 2,2 miliar
  Jalan Desa Loyow Rp 2,9 miliar
  Jalan Desa Badaro Rp 1,5 miliar
 

  Sumber : Dinas PU Boltim.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pengerjaan Ruas Kokapoy-Tutuyan Ditunda

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/06/pengerjaan-ruas-kokapoy-tutuyan-ditunda.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengerjaan Ruas Kokapoy-Tutuyan Ditunda

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengerjaan Ruas Kokapoy-Tutuyan Ditunda

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger