Nasib 230 Honorer K2 Minut di Ujung Tanduk

Written By Unknown on Jumat, 30 Mei 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Nasib 230 CPNS Honorer K2 Minahasa Utara di ujung tanduk. Dua hari jelang tenggat waktu yaitu 30 Mei, berkas verifikasi Honda K2 masih tertahan di Inspektorat.

Mestinya, berkas itu segera diberikan ke BKD, yang kemudian akan membawa hasil ke BKN. Sanksi dari BKN menanti Pemkab Minut jika verifikasi tak tuntas bulan Mei. Sanksi terberat adalah pembatalan pengangkatan Honda K2.

Ego sektoral antarinstansi ditengarai jadi sebab terkatung - katungnya berkas verifikasi. Kepala Inspektorat Frits Sigar mengatakan, sudah pernah memberikan hasil verifikasi ke BKD namun ditolak. "Sudah pernah diberikan," kata Frits. Dia mengatakan, ada lima Honda K2 yang tidak memenuhi syarat berdasarkan hasil verifikasi.

Terpisah, Kaban BKD Minut Aldrin Posumah mengakui pernah menolak hasil verifikasi yang diberikan pihak Inspektorat. Ia beralasan penyerahan harus dilakukan di depan Bupati Minut. "Supaya jelas," kata dia.

Dia mengaku bertindak sesuai aturan.  Dibeberkannya, berkas harus secepatnya dimasukkan, karena para Honda rencananya dapat SK pada Juni.

Sejumlah kalangan mendesak Bupati Minut Sompie Singal turun tangan mengatasi kisruh antara BKD dan Inspektorat.

Vecky Mamahit, pengamat politik Minut mengatakan, Sompie perlu turun tangan demi menyelamatkan nasib puluhan tenaga Honorer K2. "Sompie perlu turun tangan, kisruh ini perlu segera diselesaikan karena menyangkut nasib ratusan PNS," ujarnya. "Ini harus jadi kajian Bupati, masak pejabat yang berkonflik lantas rakyat dilupakan," bebernya.

Rinto Rachman, pengamat lainnya mencium adanya konspirasi dalam proses verifikasi. Ia menduga tarik ulur terjadi karena banyak kepentingan bermain di dalamnya. "Saya minta Polres awasi ini, jangan jangan ada SK honor yang dipalsukan," ujarnya.

Ketua Komisi A DPRD Minut Denny Wowiling mengatakan, ada sejumlah poin dalam verifikasi yang teramat rawan untuk dimanipulasi, di antaranya SK honor serta slip gaji. "Makanya harus diawasi ketat, jangan nanti ada yang bodong," kata dia.

Lolos Tes tapi Nama Dihapus

Pengalaman empat tahun silam masih terekam jelas dalam ingatan Marko - bukan nama sebenarnya - Honda di satu instansi di Minut. Sore itu, adiknya pulang ke rumah dengan wajah murung.

Ia heran, karena pagi harinya, si adik masih tampak ceria. Dari luar ruangan, sayup - sayup ia mendengar tangisan si adik, lalu doa yang juga disertai tangisan.

"Namanya sudah lolos tes PNS, namun entah kenapa dihapus," kata dia. Marko mengaku keluarganya banyak mendapat kesulitan pasca batalnya sang adik jadi PNS.

Uang jutaan rupiah dikeluarkan untuk membiayai perjuangan sang adik ke Jakarta. Keluarga pun harus menanggung malu serta cibiran, karena syukuran sudah terlanjur dibuat.

"Namun itulah takdir adik saya. Ia kini masih mencari pekerjaan. Ia sangat trauma dengan kejadian itu," kata dia.

Berkaca dari peristiwa yang menimpa adiknya, Marko mengaku khawatir, meski instansi yang bersangkutan terus mengklaim bahwa tes kali ini berlangsung jujur. "Jelas saya trauma, apa yang menimpa adik akan juga menimpa saya," kata dia. Hampir setiap hari ia menyambangi Pemkab Minut untuk mencari kabar.


Anda sedang membaca artikel tentang

Nasib 230 Honorer K2 Minut di Ujung Tanduk

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/05/nasib-230-honorer-k2-minut-di-ujung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nasib 230 Honorer K2 Minut di Ujung Tanduk

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nasib 230 Honorer K2 Minut di Ujung Tanduk

sebagai sumbernya

1 komentar:

Unknown mengatakan...

(Kisah sukses lulus PNS Guru di lingkungan Kemenag jatim)

Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA JATIM tepatnya di kab SIDOARJO dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. karena tanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA JATIM dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa cemas dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimiskupun timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 15 Desember 2013 namun di undur tanggal 21Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 2 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten SIDOARJO Prov JAWA TIMUR. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku. Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku.dan untuk hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada : 1. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama juga buat teman-temanku terimakasih semuanya. 2. Terimakasih khususnya Bpk.Drs.DEDE DJUNAEDHY M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah yang membantu kelulusan saya,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.jadi bagi temen2 yang ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi Direktur pengadaan PNS Drs.DEDE JUNAEDY M.si,0878 4299 6999.wassalam...

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger