Tuntutan Pemilihan Ulang, Hendra: Silakan Lapor ke Panwas

Written By Unknown on Sabtu, 19 April 2014 | 11.36

KETUA KPUD Boltim, Hendra Damopolii saat mintai tanggapannya menganggap tuntutan keenam papol tersebut sebagai hal biasa dalam dinamika demokrasi dan kepemiluan. "PSU dilakukan ketika ada surat suara yang tertukar antar Dapil dan sudah dicoblos atau terjadi bencana alam," terang Hendra.

Sehingga jika melihat tuntutan tersebut sangat tidak memungkinkan untuk digelar PSU di Boltim. Apalagi kalau desakan hanya berdasarkan asumsi politis tanpa didukung oleh bukti-bukti. "Kemudian prosedurnya ada mekanismenya, silakan ke panwas nanti panwas yang akan melakukan kajian dan rekomendasi," kata dia.

Adanya tudingan SDM tidak siap, tidak beralasan sebab hampir semua penyelenggara hingga ditingkat KPPS, direkrut dari profesi guru. "Saya berikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh KPPS, PPS, dan PPK atas maksimalisasi kinerjanya, mereka adalah pahlawan demokrasi. Demikian pula Panwaslu disemua tingkatan telah bekerja dengan baik.

Namun dirinya tetap menghargai upaya koaliasi parpol yang mendesak PSU sebagai ikhtiar politik namun KPU akan melaksanakan tahapan sesuai ketentuan. "KPU akan menjalankan tahapan sesuai ketentuan. Pleno tingkat kabupaten pada 19-21 April, Kemudian tingkat Propinsi pada 22 April," terangnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Boltim, Billy Kawuwung mengatakan PSU dimungkinkan oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Legislatif. Hanya pemungutan suara dapat diulang, apabila terjadi bencana alam atau kerusuhan yang mengakibatkan hasil pemungutan suara tidak dapat digunakan.
"Pemungutan suara ulang di TPS diusulkan oleh KPPS dan wajib dilaksanakan jika terdapat keadaan khusus yang ditemukan atau dilaporkan dengan menyebutkan keadaan yang menyebabkan diadakannya pemungutan suara ulang. Jadi PSU diusulkan oleh KPPS diteruskan kepada PPK dan selanjutnya diajukan ke KPU," terangnya. (aldi ponge)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tuntutan Pemilihan Ulang, Hendra: Silakan Lapor ke Panwas

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/04/tuntutan-pemilihan-ulang-hendra-silakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tuntutan Pemilihan Ulang, Hendra: Silakan Lapor ke Panwas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tuntutan Pemilihan Ulang, Hendra: Silakan Lapor ke Panwas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger