Disperindag Kebut Diversifikasi Produk

Written By Unknown on Kamis, 27 Maret 2014 | 11.36

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO - Sulawesi Utara punya potensi besar mengembangkan produk olahan berbahan rumput laut. Kabid Fasilitas Pengembangan  Industri Kecil Menengah (IKM) Disperindag Sulut, Alwy Pontoh mengatakan, peluang itu sangat besar karena melihat potensi yang ada.  "Kami mendorong IKM berbasis rumput laut agar mampu membuat produk lanjutannya," ujarnya dalam Pelatihan Petani Rumput Laut yang diadakan di Hotel Sutan Raja, Rabu (25/3).

Disperindag akan mendorong IKM  rumput laut agar bisa buat produk lanjutan, sebab produk turunan dari rumput laut cukup banyak.  "Jangan hanya terfokus pada produk tradisional dan sampai pada bahan mentah. Harus dikembangkan menjadi olahan pangan, agar nilai ekonomisnya bertambah," ungkapnya.
Untuk itu pihaknya memberikan bimbingan kepada petani rumput laut, melalui IKM agar bisa mengembangkan produk turunan, yang bisa dipasarkan ke dunia luar.

"Dengan demikian nantikan akan  memberikan wawasan dan pelatihan kepada petani rumput laut agar produknya bisa jadi olahan pangan yang memiliki nilai tambah," katanya.

Produk yang diberikan pelatihan antara lain membuat sirup dan permen. Sebab Produk pangan seperti sirup, kue yang siap saji akan memberikan nilai tambah lebih dibandingkan hanya menjual rumput laut saja. Apalagi produk tersebut digemari oleh masyarakat.
Dengan nilai ekonominya yang meningkat, hal tersebut bisa membuat IKM rumput laut sejahtera. "Selain itu, produk turunan rumput laut bisa menambah kekayaan produk komoditi unggulan di Sulut," tuturnya.

Hal ini merupakan diservikasi rumput laut. Sebab pengembangan produksangat penting dilakukan supaya kita mampu bersaing di pasar baik domestik maupun internasional. Saat petani rumput laut di Sulut sebagai besar berada di Desa Wori, Naen dan Likupang, Minahasa Utara (Minut). (erv)


Anda sedang membaca artikel tentang

Disperindag Kebut Diversifikasi Produk

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/03/disperindag-kebut-diversifikasi-produk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Disperindag Kebut Diversifikasi Produk

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Disperindag Kebut Diversifikasi Produk

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger