Chress Sebut Galian C Penyebab ISPA

Written By Unknown on Jumat, 28 Maret 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID - Penyakit Infeksi Saluran Akut atau lebih dikenal dengan ISPA ternyata paling banyak diderita warga Minahasa Utara di awal tahun 2014 ini. Data Dinas Kesehatan Minut, sebanyak 9370 warga yang mengidap ISPA, sepanjang Januari hingga Februari.

Warga yang kena ISPA menjalani perawatan di Puskesmas, serta di Rumah Sakit, bagi yang mengalami infeksi akut. Uniknya, salah satu sebab mewabahnya ISPA adalah maraknya galian di Minahasa Utara. Seperti yang diungkap sejumlah warga Desa Mubune serta Kema.
Chres, salah satu warga menyatakan, debu galian menyebabkan polusi, di jalan, bahkan hingga ke pemukiman penduduk. Warga yang sehari - harinya menghirup debu, jadi gampang terserang ISPA.

"Banyak warga yang mengeluh dengan ISPA," kata Chress, Kamis (27/3).
Ria warga Kema mengatakan, ISPA juga disebabkan cuaca terik akhir - akhir ini. Menurut dia, ISPA bukan sakit yang sepele, dampaknya mengganggu aktivitas. "Sulit bekerja, apalagi sakit itu berjangkit," bebernya.

Kepala Dinas Kesehatan Sandra Rotty menyatakan, ISPA memang meningkat, bahkan telah jadi penyakit nomor satu di Minut. "ISPA memang cukup banyak di Minahasa Utara," bebernya.

Rotty menyatakan, penyakit itu disebabkan oleh bakteri, udara serta cuaca buruk. Cara untuk menyembuhkan ISPA adalah dengan pengobatan antibiotik, mencegahnya dengan menjaga stamina tubuh. Penyakit Hipertensi, lanjut dia, menempati peringkat kedua, kemudian keroposnya sistem otot serta jaringan pengikat. "Penyakit Hipertensi disebabkan pola makan tidak teratur serta stress, mengatasinya perlu pengaturan pola makan serta olahraga teratur," tandasnya.(art)


Anda sedang membaca artikel tentang

Chress Sebut Galian C Penyebab ISPA

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/03/chress-sebut-galian-c-penyebab-ispa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Chress Sebut Galian C Penyebab ISPA

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Chress Sebut Galian C Penyebab ISPA

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger