Universal Coverage Manado Tetap Dilanjutkan 2014

Written By Unknown on Minggu, 29 Desember 2013 | 15.13

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO ‑ Pemerintah Kota Manado menyatakan program Universal Coverage akan tetap dilanjutkan tahun depan meskipun sudah ada Jaminan Sosial Nasional (JSN).

"Sesuai  kesepakatan bersama pemerintah akan melanjutkan program untuk memberikan layanan kesehatan gratis bagi seluruh warga Manado yang tak terakomodasi oleh BPJS," kata Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Manado Novly Welly Siwi, Sabtu (28/12/2013).

Novly mengatakan, sesuai dengan kesepakatan bersama DPRD saat pembahasan APBD, pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan akan menaikkan premi untuk tiap warga yang menjadi peserta program tersebut sebesar Rp 19.225.
 
Jumlah tersebut dinaikkan dari sebelumnya Rp 9.500 per orang pada 2013 ini. Dengan demikian akan ada konsekuensi yang juga berlaku. "Nantinya para peserta UC di Manado akan mendapatkan pelayanan lebih bak dibandingkan sebelumnya. Karena nilai preminya naik, layanan juga meningkat," katanya.

Novly menambahkan, program UC pada 2014 nanti akan dikelola langsung oleh Pemerintah Kota Manado sehingga tidak akan ada biaya tambahan yang dikeluarkan untuk management fee.
Ia menegaskan, pemerintah akan berusaha agar tahun ini program UC lebih dirasakan oleh semua warga dan manfaatnya akan membawa kesejahteraan untuk masyarakat.

"Asalkan jangan karena program ini masyarakat mendadak jadi lebih sering sakit. Menjaga kebersihan dan kesehatan adalah hal yang utama," katanya.  

Pada 2013, program UC Manado yang menjadi percontohan di Indonesia dilaksanakan pertama kali oleh Pemerintah Kota Manado dan melayani sekitar 200 ribu penduduk kota, dimana pelaksananya adalah PT Askes Manado.

Dalam pelaksanaan program tersebut pemerintah menganggarkan dana sekitar Rp 30 miliar dengan mitra lima rumah sakit dan satu balai kesehatan mata, serta semua puskesmas di Manado dan satu rumah sakit rujukan.(antara)


Anda sedang membaca artikel tentang

Universal Coverage Manado Tetap Dilanjutkan 2014

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/12/universal-coverage-manado-tetap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Universal Coverage Manado Tetap Dilanjutkan 2014

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Universal Coverage Manado Tetap Dilanjutkan 2014

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger