Livv Cari Perusahaan yang Terapkan UMP

Written By Unknown on Rabu, 13 November 2013 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO ‑  Hari pertama pelaksanaan bursa kerja (job fair)  di Manado Town Square, Selasa (12/11/2013) kemarin,  diserbu para pencari kerja. Ratusan orang mencari peluang bekerja di 70 perusahaan yang ikut bursa  tersebut.

Livv Rorong (25) asal Minahasa Selatan mengaku sangat terbantu dengan job fair tersebut. Informasi awal ia terima dari mulut ke mulut. Livv yang sudah punya pengalaman kerja mengharapkan dapat pekerjaan di perusahaan yang menerapkan gaji sesuai standar Upah Minimum Provinsi (UMP) 2014. "Jika lebih tentu katanya akan lebih baik," ujarnya.
UMP  Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2014 baru saja ditetapkan Rp 1,9 juta. Menurutnya,  UMP saat ini Rp 1.550,000 hanya bisa memenuhi kebutuhan bulanan pekerja, seperti uang transpor, penginapan, makan, dan kebutuhan dasar lainnya. Tak akan ada untuk tabungan, apalagi membeli rumah. "Akan lebih baik kalau bisa bekerja sesuai jurusan saya psikologi," katanya.

Dari penulusuran acak tiga perusahaan di job fair tersebut,  mereka akui menerapkan UMP. FIF misalnya, kata pegawai yang menjaga stand FIF di job fair, perusahaannya sudah menerapkan UMP 2013.  Perekrutan salah satu bank BUMN menggaji karyawannya di atas Rp 2,5 juta. Begitu pula  pasar swalayan Borubudur, sesuai pengakuan supervisornya karyawan digaji sesuai UMP Rp 1.550,000.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi  Sulut Christiano Talumepa mengatakan, perusahaan yang ikut job fair sudah menerapkan UMP dan kemungkinan menaikkan upah sesuai UMP yang sudah ditetapkan Rp  1,9 juta. "Ada 4.321 lowongan pekerjaan yang disiapkan 70 perusahaan yang beroperasi di daerah ini dan perusahaan ini sudah terapkan UMP," katanya.

 Job Fair, kata dia, merupakan agenda tahunan Pemprov Sulut untuk membantu ribuan pencari kerja dan pemberi kerja. (ryo/erv)

Berita ini dapat anda lihat selengkapnya melalui Tribun Manado edisi cetak, Rabu (13/11/2013).


Anda sedang membaca artikel tentang

Livv Cari Perusahaan yang Terapkan UMP

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/11/livv-cari-perusahaan-yang-terapkan-ump.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Livv Cari Perusahaan yang Terapkan UMP

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Livv Cari Perusahaan yang Terapkan UMP

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger