Pilkada Usai, Djelantik dan Tatong Absen Hadiri Hari Raya Binarundak

Written By Unknown on Senin, 12 Agustus 2013 | 11.35

 
Laporan Wartawan Tribun Manado, Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID,  KOTAMOBAGU -  Seperti tahun-tahun sebelumnya, tiga hari usai lebaran, warga kelurahan Motoboi Besar Kotamobagu Timur menggelar hari raya binarundak.

Minggu (11/8) di hari raya tersebut, warga beramai-ramai membakar binarundak, dalam bahasa Indonesia artinya nasi dimasak dalam bambu, populer disebut nasi jaha. Namun orang Bolaang Mongondow menggunakan bahasa daerahnya untuk menyebut makanan khas di Sulut itu sebagai Binarundak.

Kali ini perayaan tak seramai dan semeriah tahun-tahun sebelumnya. Namun tak menghilangkan makna perayaan binarundak itu, asal muasal perayaan itu digagas masyarakat asli Motoboi Besar yang merantau ke luar daerah, saat lebaran mereka berkumpul, dan akhirnya dijadikan agenda tahunan, yang turut melibatkan pemerintah kotamobagu.

Hanya saja, bertepatan dengan berakhirnya momen Pilkada, perayaan Binarundak jadi sepi dari kehadiran baik Pemerintah kotamobagu, dan tokoh-tokoh politik Bolmong. Tahun lalu, saat masih panas-panas menjelang Pilkada Kotamobagu, Djelantik Mokodompit Walikota Kotamobagu, Anggota DPR RI Aditya Moha Siaahan, dan Muhammad Salim Landjar ikut meramaikan acara.

Tahun ini malah sepi. Tokoh politik yang terpantau hadir adalah Wakil Walikota Terpilih Djainudin Damapolii dan Mantan Calon Wakil Walikota Isak Sugeha.

Djelantik Mokodompit yang tak pernah absen dari kegiatan itu justru tak hadir. Termasuk walikota Terpilih Tatong Bara.

Ketua Panitia Perayaan Binarundak,
Maulid Hamin menyesalkan minimnya kehadiran tokoh-tokoh penting Bolmong Raya, padahal tahun sebelumnya mereka begitu antusias hadir.

"Kami pastikan mengundang semuanya, walikota dan wakil walikota," ujarnya.

Bahkan, kata Hamin, sebelum acara digelar ia mengonfirmasi langsung ke orang terdekat Djelantik untuk bisa hadir "Tapi Beliau (djelantik) kabarnya sedang di luar daerah. Kenapa bisa berubah seperti ini? Padahal tahun lalu begitu semangat hadir, tidak pernah absen," katanya dengan nada sesal.

Sementara Tatong Bara tak hadir menurut Hamin, setelah konfirmasi karena sedang bersilaturahmi berkeliling ke kediaman tokoh - tokoh di Kotamobagu "Pak Djainudin yang mewakili beliau," ungkapnya.

Namun kata Hamin, binarundak tetap berjalan baik, dan tahun depan akan digelar kembali. Tahun ini juga warga akan menyelesaikan pembangunan tugu binarundak setinggi 18 meter. Biaya pembangunan dikumpulkan dari sumbangan warga motoboi besar. (ryo)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pilkada Usai, Djelantik dan Tatong Absen Hadiri Hari Raya Binarundak

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/08/pilkada-usai-djelantik-dan-tatong-absen.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pilkada Usai, Djelantik dan Tatong Absen Hadiri Hari Raya Binarundak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pilkada Usai, Djelantik dan Tatong Absen Hadiri Hari Raya Binarundak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger