Pembunuhan Bos Salon di Kotamobagu, Picu Kepindahan Penghuni Kos Sekitar

Written By Unknown on Senin, 24 Juni 2013 | 11.36

Tribun Manado - Senin, 24 Juni 2013 11:59 WITA

Laporan wartawan Tribun Manado Edi Sukasah

Pita larangan melintas berwarna kuning itu melintang seperti huruf X di depan pintu Salon Ayu. Di sekeliling bangunan yang dindingnya berbahan papan pun terpasang pita yang sama. Lampu neon tampak menerangi bagain depan salon yang langsung berhadapan dengan Jalan Datoe Binangkang.

NAMUN tak ada lagi keramaian di depan salon yang bersebarangan dengan sebuah distro atau toko pakaian itu. Padahal, sebelum Ayu terbunuh, tak jarang orang-orang nongkrong di salon yang letaknya tak jauh dari Bundaran Paris, Kotamobagu itu, sampai tengah malam. Bahkan, penghuni kos-kosan yang berada tepat di belakang bangunan salon pun kini kosong.

"Penghuni kos-kosan semuanya sudah pindah semua. Bahkan, yang di belakang distro ini pun pindah karena istrinya sedang hamil," ujar Amat, pengelola distro yang berada di seberang Ayu Salon, Kamis (20/6/2013) malam.

Dia dapat memahami kepindahan sejumlah penghuni kos yang pindah. "Ya, bayangkan saja, biasanya, mereka sudah bertemu Ayu yang sedang ngopi sambil merokok di depan kamar kosnya. Kini, dia sudah tiada. Lampu kosanya pun baru sekarang tampak menyala," kata dia menambahkan.

Almarhum Ayu semasa hidup juga indekos di rumah yang berada di belakang salon bercat merah muda itu. Kendati perias terkenal di wilayah Bolaang Mongondow Raya ini mempunyai rumah di Dayanan, Kelurahan Gogagoman. Namun, jarak rumah dan salon yang Ayu kelola cukup jauh jaraknya.

Kendati penghuni kos tersebut sudah pindah, Amat mengaku tak mengaku dengan jumlah kunjungan konsumen ke distro yang dikelolanya. "Alhamdilillah, pengunjung seperti hari-hari biasanya. Tak ada perubahan setelah peristiwa itu (terbunuhnya Ayu)," kata Amat menambahkan..

Ayu ditemukan keponakanya, Indriyana Paputung, tewas mengenaskan di salonya, Senin (17/6/2013). Tangan dan kakinya terikat lakban. Sementara mulutnya juga dibekap dengan lakban. Pelipis kanan pemilik Ayu Salon ini lebam. Belakang kepalanya mengalami luka yang diduga dari hantaman benda tumpul.

Kasus ini masih terus diselidiki pihak kepolisian. Kepala Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) AKBP Hisar Siallagan menyatakan, pihaknya telah menemukan titik terang dalam pengusutan pembunuhan pemilik Ayu Salon, Abdullah 'Ayu' Basalamah. Dia memastikan akan, pihaknya akan mengungkap kasus tersebut.

"Do'ain dalam waktu yang tidak lama bisa terungkap," ujar Hisar saat ditemui di kantornya, Kamis (20/6/2013).

Dikatakannya, waktu pengungkapan kasus berbeda-beda. "Butuh empat tahun untuk kasus (pembunuhan Oddy Manus) sampai P-21. Sementara pada pembunuhan pendeta di Malalayang butuh waktu sekitar empat bulan sampai P-21," kata Hisar menyebutkan dua kasus yang juga diselidikinya pada saat bertugas di Polda Sulut.

Dia tidak mengungkapkan secara gamblang perkembangan kasus tersebut. Hisar mengatakan hasil autopsi juga sudah dikantongi polisi. Namun dengan alasan kepentingan penyilidikan, Hisar tidak bisa mengungkapkan hasilnya. Namun dia sempat menyetil sedikit kondisi tengkorak Ayu yang retak.

Menyangkut opini yang berkembang terbunuhnya Ayu karena lambatnya penanganan kasus penganiayaan Ayu yang terjadi Maret lalu, Hisar mengatakan hal tersebut menjadi pemacu bagi kepolisian dalam pengungkapan kasus. "Kami setiap malam melakukan anev (analisa dan evaluasi) untuk kasus ini," kata dia.

Sumber : Tribun Manado Cetak.

Ikuti terus perkembangan berita ini melalui topik; Pembunuhan Ayu Basalamah.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pembunuhan Bos Salon di Kotamobagu, Picu Kepindahan Penghuni Kos Sekitar

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/06/pembunuhan-bos-salon-di-kotamobagu-picu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pembunuhan Bos Salon di Kotamobagu, Picu Kepindahan Penghuni Kos Sekitar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pembunuhan Bos Salon di Kotamobagu, Picu Kepindahan Penghuni Kos Sekitar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger