Lalai Bayar Pajak, APBD Bakal Kena 'Potong'

Written By Unknown on Rabu, 09 Januari 2013 | 11.35

Tribun Manado - Rabu, 9 Januari 2013 12:04 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID,  MANADO

-  Mulai 2013, Kantor Wilayah Pajak Sulutenggo dan Malut bakal memberlakukan tindakan tegas bagi pelanggar-pelanggar pajak.  Bagi Pemerintah Daerah sebagai wajih pajak ada sanksi khusus.

Menurut Sigit Haryoko, Kepala bidang pemeriksaan, penyidikan dan penagihan pajak, ada aturan baru dari Kementerian Keuangan bagi Pemerintah Daerah yang tak taat ketentuan.

"Ya sekarang ada beberapa aturan baru, nanti sifatnya dipotong dari dana alokasi. Kalau tidak melakukan kewajibannya, nanti bisa dipotong dari dana Alokasi," ujarnya kepada Tribun Manado, Selasa (8/1).

Di Provinsi Sulut, hampir seluruh porsi APBD berasal dari dana alokasi pusat. Mengenai besaran pemotongannya, Haryoko mengatakan, masih akan dibicarakan.

Ia menyadari kebijakan itu bisa mengancam besaran APBD, ikut berimbas ke operasional dan pembangunan, namun menurut Haryoko hal itu tak bakal terjadi, andai saja ada kesadaran dari wajib pajak.

"Dari awal harus memenuhi kewajibannya. Sebenanrnya uang negara diberikan untuk tambahan pemungutan dan pemotoangan disetorkan, maka ngak ada utang, selesai," ungkapnya.

Di 2013 pun Kanwil akan mulai aktif menindaklanjuti seluruh dugaan pelanggaran pajak termasuk pelanggaran pidananya.

"Kalau kanwil penagihan aktif, itu bisa soft collection dan hard. Kita imbau dulu tapi kalau sudah, maka hard ccollection, seperti surat paksa blokir sita sampai lelang bahkan nanti 2013 melakukan upaya pencegahan tak terfokus  dipemda, tapi di wajib pajak yang lain," ujarnya.

Ia mengatakan di Sulteng mulai digelar penyidikan pelanggaran pajak, tak menutup kemungkinan bakal dilakukan di Sulut.

Hal itu menurut dia juga dilakukan untuk memaksimalkan penerimaan pajak ke kas negara yang di 2013 diproyeksikan naik menjadi Rp 1,035 Trilun. (ryo)


Anda sedang membaca artikel tentang

Lalai Bayar Pajak, APBD Bakal Kena 'Potong'

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/01/lalai-bayar-pajak-apbd-bakal-kena-potong.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lalai Bayar Pajak, APBD Bakal Kena 'Potong'

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lalai Bayar Pajak, APBD Bakal Kena 'Potong'

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger