"Pemerintah Harus Batalkan Akses Fiskus Terhadap Rahasia Bank!"

Written By Unknown on Jumat, 13 Februari 2015 | 11.35

Laporan Wartawan Tribun Manado, Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Pengamat ekonomi dari Universitas Sam Ratulangi Agus Tony Poputra meminta pemerintah membatalkan niat mendapatkan kemudahan akses fiskus terhadap rahasia bank lewat OJK. Itu akan mendorong capital flight sehingga berpotensi menimbulkan bencana ekonomi nasional lewat sektor perbankan.

"Saat ini saja likuiditas perbankan sudah "lampu kuning". Ini ditandai dengan posisi Loan to Deposit Ratio (rasio kredit terhadap dana pihak ketiga) perbankan sudah di atas 90 persen dimana pada akhir Desember 2014 sudah mencapai 92,35 persen," ujarnya.

Kondisi ini disebabkan pertumbuhan kredit selama ini (kecuali tahun 2014) selalu jauh di atas pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK), yaitu di atas 20 persen. Sementara pertumbuhan DPK berada di bawah 20 persen dan terus melambat bahkan pada 2014 hanya sebesar 12,1 persen.

Apabila Bank Indonesia tidak mengerem pertumbuhan kredit pada tahun 2014 lewat BI Rate yang tinggi (yang juga untuk mengendalikan inflasi) maka bukan tidak mungkin LDR perbankan pada akhir 2014 sudah berada pada kisaran 99 persen.

Namun katanya, kebijakan mengerem kredit bukan tanpa pengorbanan. Pengorbannya adalah melambatnya pertumbuhan ekonomi pada tahun 2014 dimana hanya sebesar 5,02 persen. Angka tersebut merupakan pertumbuhan terendah selama 5 tahun terakhir.

Untuk meningkatkan LDR seharusnya pemerintah serta otoritas keuangan dan moneter melakukan kebijakan untuk meningkatkan DPK bukannya mengerem kredit. Dengan adanya niat pemerintah agar fiskus memperoleh kemudahan mengakses data nasabah di perbankan justru sangat bertolak belakang dengan upaya meningkatkan DPK.


Anda sedang membaca artikel tentang

"Pemerintah Harus Batalkan Akses Fiskus Terhadap Rahasia Bank!"

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2015/02/harus-batalkan-akses-fiskus-terhadap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

"Pemerintah Harus Batalkan Akses Fiskus Terhadap Rahasia Bank!"

namun jangan lupa untuk meletakkan link

"Pemerintah Harus Batalkan Akses Fiskus Terhadap Rahasia Bank!"

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger