Gemar Zumba Itu Buat Tubuh Sehat dan Hilangkan Stres Lho

Written By Unknown on Minggu, 09 November 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID - Zumba, kini sedang booming, tak pelak keberadaan olahraga ini menumbuhkembangkan komunitas yang menggeluti olahraga yang berasal dari Kolombia oleh pria bernama Alberto "Beto" Perez pada tahun 1990-an.

Seperti yang dilakukan oleh drg Catarina Anita Kristanti Mkes, sejak Juni 2014 secara resmi membentuk komunitas Zumba yang diberi nama Nina's Studio Zumba dengan beranggotakan 50 anggota dan 4 orang instruktur di dalamnya.

"Awalnya hobi saya berzumba secara private di rumah, kebetulan juga hobi fitness sehingga banyak alat-alatnya di rumah. Atas dorongan guru private bernama Ikke dibuka dan dibentuklah komunitas Zumba yang diberi nama Nina's Studio Zumba di rumah saya sendiri," tutur Nina kepada tim Edisi Minggu Tribun Manado.

Alasan membentuk komunitas zumba, karena saat ini sedang trend dan menyajikan olahraga yang fun dan feel the music. "Unsur yang ada dalam zumba adalah salsa, merengue, cumbia dan reggaetoon. Merupakan gabungan dari unsur dalam musik latin yang membuat orang-orang di dalamnya merasa fun, apalagi kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh bisa membakar kalori lebih banyak dan lebih cepat," urainya.

"Sangat sulit bagi saya untuk bisa keluar rumah, sehingga mengumpulkan para penggemar zumba untuk bergabung dalam komunitas yang saya bentuk," kata dia.

Dia menambahkan, keberadaan komunitas ini akan lebih mudah mengatur waktu dan tidak mengganggu jadwal pekerjaan lainnya.

"Komunitas ini biasanya melakukan kelas zumba mulai hari Senin sampai Jumat pukul 16.00 wita, hari Sabtu pukul 08.00 wita serta kelas malam Senin dan Rabu pukul jam 19.00 wita," tambahnya.

Komunitas zumba miliknya selain memiliki 50 anggota atau member, juga ada empat orang instruktur yang semuanya sudah mengambil pelatihan sebagi ZIN (Zumba Instruktur Network), yakni Zin B2 Ikke, Zin B2 Ayumi, Zin B1 Undary dan Zin B1 Diandra/WA.

"Saya sendiri juga sudah mengambil pelatihan sebagai ZIN, sebagai bentuk tanggung jawab karena owner studio," jelasnya.

Sejumlah member Komunitas Nina's Studio Zumba yang bermarkas di Kelurahan Pinokalan Kecamatan Ranowulu, mengatakan, mereka bergabung dalam komunitas tersebut karena zumba merupakan olahraga yang fun alias menyenangkan.

"Secara berkelompok mendengarkan lagu dan ikut irama bisa membuat saya gembira dan terlepas dari stres dari rutinitas pekerjaan sehari-hari yang monoton," tutur Meidy.

Lanjutnya, dengan bergabung di komunitas ini bisa membuat badan sehat, tubuh jadi terasa ringan dan tidak gampang capek serta selalu ceria.

"Kerja jadi semangat, awet muda, dan menyenangkan suami," tukas wanita uang baru 4 bulan menekuni Zumba.

Meggy member lainnya mengatakan, manfaat masuk dalam komunitas Zumba bisa menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. "Terasa lebih sehat dan berat badan mulai turun setelah 1 tahun terjun di olahraga zumba," kata Meggy. (christian wayongkere)

Bakar 1.000 Kalori

Satu di antara cara menjalani hidup sehat yang cukup mudah adalah dengan mengikuti olahraga zumba. Zumba Fitness adalah program tari kebugaran yang dibuat oleh penari dan koreografer yang berasal dari Kolombia, Alberto "Beto" Perez pada tahun 1990-an.

Di Indonesia sendiri zumba dance mulai dikenalkan sejak tahun 2001. Pelopor sekaligus instruktur zumba Indonesia, Jun Ko Agus menjelaskan mengenai tari zumba. "Zumba itu adalah tarian latin yang dipadukan dengan fitnes 30 persen dan dansanya itu 70 persen yang bisa bakar kalori antara 600 sampai 1.000 kalori per jam.

Seperti pada senam aerobik, zumba adalah perpaduan gerakan olahraga dengan tarian dansa dengan iringan musik. Jika diperhatikan, gerakan Zumba ini mirip gerakan-gerakan dansa gaya latin yang diiringi musik dengan tempo yang lebih upbeat. Perpaduan berbagai gerakan dansa seperti cha-cha, salsa, tango, sampai flamenco dengan diiringi musik menjadi sebuah olahraga yang menarik sekaligus menyehatkan.

Seperti yang dikutip dari Wolipop.com dikatakan, zumba di Indonesia dibagi menjadi enam kategori. Tari kebugaran ini bisa dilakukan oleh semua umur.

Gerakannya pun disesuaikan dengan kelompok usia masing-masing, mulai dari Zumbatomik, Gold, Fitness, Toning, Sentao, dan Aqua.

Keenam kategori tersebut mencakup zumba untuk anak kecil dan remaja, wanita dan pria dewasa, hingga para lansia. Biasanya ketika berlatih zumba lebih disarankan menggunakan pakaian yang nyaman dan biasanya juga menggunakan sepatu olahraga untuk mencegah agar kaki kita tidak lecet. (christian wayongkere)

Update terus informasi terbaru setiap hari di Tribun Manado edisi cetak, dan di www.tribunmanado.co.id


Anda sedang membaca artikel tentang

Gemar Zumba Itu Buat Tubuh Sehat dan Hilangkan Stres Lho

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/11/gemar-zumba-itu-buat-tubuh-sehat-dan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gemar Zumba Itu Buat Tubuh Sehat dan Hilangkan Stres Lho

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gemar Zumba Itu Buat Tubuh Sehat dan Hilangkan Stres Lho

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger