Rupiah Tembus Rp.12.200 per Dolar Amerika, Ini Dampaknya!

Written By Unknown on Selasa, 07 Oktober 2014 | 11.35

Laporan Wartawan Tribun Manado, Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Meski kurs rupiah tembus level Rp 12.200 per dolar Amerika. Namun Bank Indonesia Kantor Wilayah Manado memproyeksikan tidak akan berdampak pada inflasi yang terjadi Manado.

"Proyeksi kita masih tetap. Karena inflasi kita dipengaruhi bawang, cabai dan tomat yang tidak terkait kurs," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut Luctor Tapiheru, Senin (6/10/2014).

Tapiheru menambahkan kalau barang kebutuhan di Sulut berasal dari impor mungkin bisa menaikan inflasi.

Namun demikian kurs rupiah terhadap dolar yang melemah saat ini akan memengaruhi impor. Dalam pengertian harga barang lebih mahal. "Bisa menyebabkan kenaikan harga di Sulut," tuturnya.

Terpisah, Pengamat Ekonomi Toni Agus Poputra mengatakan, melemahnya kurs rupiah terhadap dolar disebabkan karena fundamental dari politik di Indonesia yang masih memanas, sehingga menyebabkan ketidakpastian. "Ini terjadi bukan karena fundamental perekonomian Indonesia," katanya.

Para investor saat ini masih wait and see mengenai kondisi politik di Indonesia. Hal ini tentu saja berdampak negatif bagi Sulawesi Utara (Sulut). Terlebih setelah sebelumnya koalisi merah putih berhasil memutuskan Undang-Undang Kepala daerah kembali dipilih oleh DPRD, membuat banyak pihak khawatir mengenai situasi politik di negara ini.

Apalagi saat ini akan dilakukan pemilihan ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) diharapkan bisa terpilih dari DPD, sebab jika ketua berasal dari koalisi merah putih. investor khawatir Indonesia akan kembali ke periode orde baru.

Hal ini bisa berdampak kepada situasi ekonomi jangka panjang. Untuk itu suhu politik yang masih panas saat ini diharapkan tak kan berkepanjangan, sebab memberikan efek negatif bagi perekonomian.

Update terus informasi terbaru di www.tribunmanado.co.id


Anda sedang membaca artikel tentang

Rupiah Tembus Rp.12.200 per Dolar Amerika, Ini Dampaknya!

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/10/rupiah-tembus-rp12200-per-dolar-amerika.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rupiah Tembus Rp.12.200 per Dolar Amerika, Ini Dampaknya!

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rupiah Tembus Rp.12.200 per Dolar Amerika, Ini Dampaknya!

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger