Ronny Eman Dendam ke Walikota Manado! Ini Alasannya

Written By Unknown on Kamis, 09 Oktober 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Ronny Eman, tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Youth Center, disebut punya dendam terhadap Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut. Roman, sebutan populer Ronny, kecewa karena dirinya tak mendapat dukungan penuh Lumentut saat menjadi calon anggota DPRD Sulut beberapa waktu lalu.

Hal itu diungkapkan Engel Sahanggamu, saksi yang turut dihadirkan penyidik Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sulut dalam pemeriksaan konfrontasi bersama Wali Kota Lumentut, Roman, dan Frangky Sondakh, saksi lainnya, di Mapolda Sulut, Rabu (8/10/2014). Mereka diperiksa bersama-sama.

Engel, Roman, dan Frangky sudah terlebih dahulu hadir sebelum kedatangan Lumentut pada pukul 17.20. Lumentut yang mengenakan kemeja lengan panjang dan celana panjang hitam rapi datang menumpang Toyota Fortuner abu-abu DB 8 ZA.

Lumentut baru keluar dari ruang penyidik pada pukul 20.55. Kepada wartawan Lumentut mengaku ditanya tentang hubungannya dengan ketiga orang tersebut. "Pertanyaan pertama antara tersangka dan saya serta kedua saksi mengenal atau tidak.Ya tentu baku kenal, orang Manado samua masa nda baku kenal," tutur Lumentut.

Ia juga ditanya hubungan kerja satu dengan yang lainnya, terutama dalam pembangunan Youth Center. Vicky dan lainnya menjawab pertanyaan penyidik tersebut.

Ditanya apakah dirinya masih akan dipanggil lagi, Lumentut mengatakan hal itu tergantung penyidik. Ia sendiri menyatakan selalu bersedia hadir bila penyidik ingin mendapatkan penjelasan tambahan darinya. "Saya selalu bersedia untuk hadir," tuturnya lalu masuk ke dalam mobil Fortuner.

Adapun Engel mengaku hadir karena diminta oleh Roman untuk menjadi saksi yang mendukung. Ia menyatakan memberi kesaksian sejauh yang ia ketahui.

"Saya sebagai saksi menyaksikan ada kegiatan, berangkat bersama Pak Ronny. Setelah dicek manifes pesawat tidak terbukti," katanya.

Engel juga mengungkap tentang keberadaan jam tangan merek Rolex yang kabarnya diberikan Roman kepada Lumentut. Kata dia, hal itu tidak benar dan tidak ada bukti cek pemberian tersebut. Namun, ia mengungkap perasaan pribadi Roman terhadap Lumentut.

Kata dia, Roman memiliki dendam kepada Lumentut. Pada waktu proses pemilihan anggota legislatif, Lumentut tidak mendukung Roman, "Saya tim sukses Pak Ronny. Jadi waktu pilcaleg saya ketua tim Pak Ronny. Pilcaleg memang Wali Kota tidak dukung beliau. Wali Kota mendukung James Karinda. Itu jadi sumber kebencian dia (Roman)," terang Sahanggamu.

Karena tidak terpilih pada pileg lalu, Engel melanjutkan, Roman sempat menelepon dirinya. Di telepon itu Roman memaki-maki. "Ronny Eman mengatakan, lihat saja saya akan merusak namanya wali kota," ujar dia.

Engel sendiri mengelak bahwa dirinya akan menambah daftar tersangka dalam kasus tersebut. "Tersangka bagimana? Justru saya hanya diminta keterangan sebagai saksi yang hanya mengikuti Pak Ronny. Porsi saya sebagai apa?" tutur dia yang datang dengan Daihatsu Terios DB 4324 AR.

Engel juga mengungkap suasana pemeriksaan. Kata dia, pada pemeriksaan konfrontasi tersebut Roman tampak stres. Namun, hal itu dibantah oleh Roman yang keluar dari ruang penyidik.

"Saya sehat-sehat. Ah, tidak betul semua itu kalau saya stres," kata dia.

Roman justru membantah ada perasaan pribadi terhadap Wali Kota Lumentut terkait pencalonannya di pileg dan tak terpilih.

"Pileg kemarin tidak ada sangkut pautnya dengan Wali Kota. Statement-statement yang kalian dengar semua itu salah," tuturnya dengan langkah seribu menuju ruang tahanan Mapolda Sulut.

Adapun Franky Sondakh yang juga diperiksa begitu cepat menghilang dari penglihatan para wartawan.

Kasubdit Tipikor Ajun Komisaris Besar William Simajuntak mengatakan, mereka telah diperiksa antara tersangka dan tiga saksi. "Setelah pemeriksaan konfrontir kemungkinan akan ada tersangka lain," kata dia.

Pembangunan Youth Center tersebut disebut merugikan keuangan negara hingga miliara rupiah. Polda telah menetapkan tiga tersangka. Selain Roman yang berstatus sebagai ketua komite pembangunan, penyidik juga menetapkan mantan ketua komite pembangunan, dan seorang kontraktor.(fer)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ronny Eman Dendam ke Walikota Manado! Ini Alasannya

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/10/ronny-eman-dendam-ke-walikota-manado.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ronny Eman Dendam ke Walikota Manado! Ini Alasannya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ronny Eman Dendam ke Walikota Manado! Ini Alasannya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger