Pengerjaan Jalan Bernilai Puluhan Miliar Rupiah di Boltim Asal-asalan

Written By Unknown on Kamis, 16 Oktober 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menemukan pembangunan jalan di Pasar Modayag senilai Rp 10,7 miliar dikerjakan asal-asalan, pada Rabu (15/10/2014).

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Ketua DPRD Boltim, Sam Sachrul Mamonto, Wakil Bupati Boltim Medy Lensun, Camat Modayag dan Danramil Modayag. Inspeksi tersebut dilakukan setelah adanya desakan warga dan pemerintah desa sekitar pasar yang berada di Desa Puworejo dan Desa Sumber Rejo tersebut.

"Setelah kami turun, pekerjaannya amburadul, jadi kami meminta dinas untuk segera menghentikan. Bila perlu jangan membayar dulu pekerjaan ini, sebelum perusahaan memperbaiki jalan ini," kata Ketua Dewan Sachrul Mamonto.

Pihaknya menjadwalkan pada Jumat (besok) akan memanggil dinas pekerjaan umum dan kontraktor untuk tutun kelapangan mengecek hasil pekerjaan tersebut.

"Ini dikerjakan asal-asalan, ketebalan aspalnya sangat tipis di beberapa bagian. Ada lebarnya dikurangi, ada aspal yang sudah dingin dicurah di jalan," katanya.

Senada dengannya, Wakil Bupati Boltim Medy Lensun mengakui pihaknya saat menghadiri pesta diminta oleh masyarakat dan sangadi untuk meninjau pekerjaan tersebut. Dia sudah meminta penjelasan kepada Kadis PU. "Kelihatan kurang berkualitas. Menurut Kadis belum opname jadi belum PHO, berarti belum dibayar," terangnya.

Kepala Dinas Pekerjaan (PU) Boltim, Minderd Mawu saat dikonfirmasi menjelaskan jalan tersebut tak bisa dihentikan. Dia mengatakan pembayaran bukan pada panjang dan lebarnya jalan tapi pada volume kerja. "Kalau tebalnya kurang dari batas toleransi kita akan minta ditebalkan. Kalau masih dalam batas toleransi maka akan ditambah panjangnya," jelas Minderd.

Dia mengungkapkan lebar jalan sudah kesepakatan dengan masyarakat karena melalui pekuburan warga, sehingga ada bagian jalan yang dipersempit. Pembayaran akan dilakukan sesuai bobot kerja. "Dibayar sesuai gambar terlaksana, apa yang dilakukan di lapangan itu yang dibayar karena gambar itu diminta dan menjadi pegangan BPK saat memeriksa," bebernya.

Dia mengatakan pekerjaan tersebut sudah mencapai 90 persen. Pemda telah melakukan dua kali pembayaran. "Pembayaran terakhir di bobot 70 persen, dan sebelum membayar akan turun lagi ke lapangan," jelasnya.

Dia menjamin semua pekerjaan akan dilakukan sesuai aturan, karena kualitas jalan selalu dicek di laboratorium milik dinas PU untuk memeriksa kualitas pekerjaan. "Kita siap turun bersama DPRD ke lapangan," tegasnya. (ald)

Update terus informasi terbaru di www.tribunmanado.co.id


Anda sedang membaca artikel tentang

Pengerjaan Jalan Bernilai Puluhan Miliar Rupiah di Boltim Asal-asalan

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/10/pengerjaan-jalan-bernilai-puluhan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengerjaan Jalan Bernilai Puluhan Miliar Rupiah di Boltim Asal-asalan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengerjaan Jalan Bernilai Puluhan Miliar Rupiah di Boltim Asal-asalan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger