Kepsek SMAN 1 Tombatu Bayar Gaji Guru Honor dengan Uang Pungli

Written By Unknown on Senin, 27 Oktober 2014 | 11.36

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Bingung membayar gaji Honorer, oknum Kepsek SMAN 1 Tombatu Franky Woran menempuh jalan pintas. Ia nekat memungut biaya sebesar Rp 335 ribu dari para siswanya. Komplain dari orang tua murid pun bermunculan.

Salah satu orangtua murid yang enggan namanya dikorankan menyebut, anaknya dimintai uang sebesar Rp 335 ribu oleh pihak sekolah.  Dari penuturan anaknya, semua siswa dari kelas 1 hingga 3 wajib menyetor uang tersebut. "Katanya harus setor," kata dia.

Meski anaknya merengek minta uang itu, namun ia bersikeras tidak memenuhi tuntutan tersebut.

Alasannya, sedari awal pihak Sekolah menjanjikan tak ada pungutan.  Pun, Bupati James Sumendap dalam berbagai kesempatan menyatakan tak ada pungutan. "Itu kan sudah jadi kesepakatan," katanya.

Wauran ketika dikonfirmasi membenarkan bila usul itu sempat mengemuka dalam pertemuan antara Komite Sekolah, orang tua serta pihak Sekolah. Usul itu, kata dia, memicu perdebatan di kalangan orang tua murid.

Titik temu tak terjadi hingga rapat tidak menghasilkan putusan apa - apa. "Saya sendiri tidak setuju dengan usul itu karena melanggar aturan," kata dia.

Menurut dia, sebanyak sembilan guru Honorer belum menerima gaji, hingga ada yang menyarankan bila memungut uang dari para siswa. Ia mengakui, pihaknya sering kesulitan membayar gaji honorer.

Dilema terjadi, kata dia, karena gaji honorer tak tertata, sementara tak dibenarkan memungut uang dari para siswa. "Mestinya ada dana ekstra," kata dia.

Bupati Mitra James Sumendap berang dengan ulah Kepsek tersebut.  James menyatakan, Kepsek itu akan dicopot jika terbukti melakukan pungli. "Saya copot dia," kata dia.
Menurut James, pihak sekolah tak dibenarkan memungut uang dari siswa untuk kegiatan operasional sekolah ataupun program - program sekolah.

Ia meminta pihak sekolah bertindak kreatif sekiranya butuh dana untuk melaksanakan program.

"Kan banyak cara mencari dana, tak usah membebankan orang tua siswa," kata dia. (art)

Update terus informasi terbaru setiap hari di Tribun Manado edisi cetak, dan di www.tribunmanado.co.id


Anda sedang membaca artikel tentang

Kepsek SMAN 1 Tombatu Bayar Gaji Guru Honor dengan Uang Pungli

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/10/kepsek-sman-1-tombatu-bayar-gaji-guru.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kepsek SMAN 1 Tombatu Bayar Gaji Guru Honor dengan Uang Pungli

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kepsek SMAN 1 Tombatu Bayar Gaji Guru Honor dengan Uang Pungli

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger