Kebutuhan Beras Sulut Bertumpu Hasil Panen Bolmong

Written By Unknown on Senin, 15 September 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Provinsi Sulawesi Utara tahun ini capai usia emasnya. Kabupaten dan kota di Sulut turut memberikan andil bagi kegemilangan daerah ini, termasuk Kabupaten Bolaang Mongondow atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bolmong. Satu di antara andil terbesar kabupaten ini adalah produksi beras.

Target produksi beras di Sulut masih tertumpu pada hasil panen di Kabupaten Bolmong. Bolmong menyumbangkan 46 persen dari target 691.826 ton gabah kering yang kemudian terkoreksi menjadi 480.403 ton pada tahun ini.

Tahun ini, Bolmong menargetkan produksi gabah 226.284 ton. Target tersebut bukan hal mudah, namun hingga Juli 2014 ini, Bolmong telah menghasilkan 184.587 ton gabah kering. Artinya, wilayah ini tinggal meroduksi 41.697 ton lagi agar bisa mencapai target awal.

Namun bukan hanya pertanian yang digenjot oleh Bolmong. Di bidang perikanan, potensi daerah ini tak kalah menarik. Sampai saat ini, sudah 602 hekatare potensi produksi perikanan yang telah dikembangkan. Namun, masih ada 18.961 hektare lahan yang masih berpotensi.

Potensi perikanan ini terbagi menjadi tiga, yakni budidaya laut, budidaya tambak dan budidaya air tawar. Beberapa di antaranya yang telah dikembangkan dari tiga potensi besar itu adalah rumput laut, ikan karang, karang mutiara, udang windu, udang vaname, bandeng, ikan mas dan nila.

Di bidang peternakan tak kalah menjanjikan. Pun demikian dengan perkebunan. Potensi perkebunan yang dominan di Bolmong adalah kelapa, kopi, cengkih, dan kakao. Saat ini, baru 56.751 hektare yang sudah tergarap, sementara 78.000 hektare lagi siap dikembangkan.

Kesuburan Tanah Totabuan memang tak terbantahkan. Bahkan di perut buminya pun berkilauan emas siap digali. Di bidang pertambangn ini bukan hanya emas, Bolmong juga punya potensi untuk menghasilkan minyak bumi, pasir besi, batu gamping, lempung, kaolin dan trass.

Wilayah hutan pun bisa memberikam kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten Bolmong ini. Luas hutan di daerah ini capai 1.144.823 hektare atau 64,26 persen dari luas keselurahan Kabupaten Bolmong. Namun, pemerintah berusaha bijak dalam pemanfaatan hutan ini.

Kabupaten Bolmong juga terus berupaya untuk meningkatkan pendapatan daerah tak hanya mengandalkan dari pertanian dan pertambangan.

Bidang yang saat ini dikembangkan adalah perdagangan dan sektor jasa lainya. Upaya tersebut juga dipadukan dengan kekayaan alam yang dimilki oleh daerah itu.

Satu di antara contohnya adalah pengembangan usaha pengolahan nanas di daerah Lobong. Daerah ini dikenal sebagai penghasil nenas jempolan.

Namun untuk sementara pengelolaan hanya masih sebatas penjualan buahnya. Namun kini Pemkab Bolmong mendorong nanas tersebut dibuat untuk menjadi produk yang menjual, seperti selai dan dodol.

Sementara itu di bidang parwisata, Kabupaten Bolmong pun berusaha untuk bisa mendatangkan wisatawan ke daerah yang dikenal dengan sebutan Tanah Totabuan ini.

Usaha-usaha tersebut di antaranya dengan pengelolaan tempat-tempat wisata lebih baik lagi, seperti pemandian air panas di daerah Bakan.

Dengan panjang garis pantai 602 kilometer, Kabupaten Bolmong menyimpan potensi wisata pantai yang kaya.

Dari Poigar yang berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sampai Sangtombolang yang berbatasan dengan Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), begitu banyak dijumpai panorama pantai yang indah.

Di era duet kepemimpinan Salihi B Mokodongan dan Ronny R Tuuk sebagai Bupati dan Wakil Bupati, Bolmong berusaha untuk mewujudkan sebagai daerah yang lebih maju, berbudaya dan bisa berdaya saing.

"Usaha tersebut juga diharapkan bisa memberikan sumbangsih bagi Provinsi Sulut," ujar Bupati Bolmong Salihi.

Atas nama pemerintah dan warga Bolmong, Bupati memberikan apresiasi terhadap kemajuan Provinsi Sulut di bawah kepemimpinan Dr Sinyo H Sarudajang.

"Kami akan terus berupaya mendukung seluruh program, termasuk mewujudkan daya tahan pangan yang kuat dan juga menjadi pintu gerbang Asia Pasifik apalagi saat ini akan memasuki tahun emas," kata Bupati. (suk)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kebutuhan Beras Sulut Bertumpu Hasil Panen Bolmong

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/09/kebutuhan-beras-sulut-bertumpu-hasil.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kebutuhan Beras Sulut Bertumpu Hasil Panen Bolmong

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kebutuhan Beras Sulut Bertumpu Hasil Panen Bolmong

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger