Enam Fraksi DPRD Sulut Terbentuk

Written By Unknown on Jumat, 12 September 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Enam fraksi partai politik terbentuk di DPRD Sulut. Tiga di antaranya fraksi utuh, tiga lainnya gabungan.

Tiga fraksi utuh yakni PDIP, Golkar, dan Demokrat.  Sementara fraksi gabungan yakni koalisi Gerindra-PPP, Fraksi Amanat Keadilan terdiri dari PAN dan PKS, kemudian Fraksi Restorasi Nurani untuk Keadilan terdiri dari Partai Nasdem, PKPI, dan Hanura.

Sebenarnya Gerindra bisa membentuk fraksi utuh. Lima kursi di DPRD sudah cukup membentuk sebuah fraksi. Namun, menurut Novi Ferdinand Mewengkang, Anggota DPRD dari Partai Gerindra, PPP ikut bergabung menambah satu kursi atas nama Ainun Talibo.

Ainun menyampaikan, rencana mengabungkan diri ke Gerindra sesuai arahan DPW PPP. Seusai dilantik ia berkonsultasi dengan DPW soal arah PPP di Gedung Cengkih.
Terpisah, Felly Runtuwene, legislator dari Partai Nasdem, mengakui menjajaki pembentukan fraksi bersama PKPI, dan Hanura. Namun sejauh ini kata dia, belum 100 persen terealisasi, karena ada pembicaraan lebih lanjut. "Kalau sudah fix (tetap) akan kami sampaikan," kata wakil rakyat dari Dapil Minsel-Mitra ini.

Satu fraksi gabungan lainnya yakni Fraksi Amanat Keadilan. Amir Liputo, legislator PKS menyampaikan, fraksi ini terbentuk alasannya edaran dari DPP PKS untuk berkoalisi bersama partai yang tergabung dalam partai Koalisi Merah Putih. PKS pun memilih PAN sebagai mitra dalam satu fraksi. Dua partai ini memiki 5 kursi, 3 dari PAN dan dua PKS.

Jumlah fraksi ini meningkat dari periode sebelumnya di DPRD Sulut. Sebelumnya hanya ada lima fraksi yakni Golkar, PDIP, Demokrat, Fraksi Barisan Indonesia Raya, dan Fraksi Persatuan Nasional.(ryo)


Anda sedang membaca artikel tentang

Enam Fraksi DPRD Sulut Terbentuk

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/09/enam-fraksi-dprd-sulut-terbentuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Enam Fraksi DPRD Sulut Terbentuk

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Enam Fraksi DPRD Sulut Terbentuk

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger