Vicky Lumentut tak Ingin Sesumbar

Written By Unknown on Jumat, 22 Agustus 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Meski masalah pemilihan umum tengah hangat dibicarakan di kalangan masyarakat dan media, beberapa tokoh yang didengungkan namanya menjadi calon Wali Kota Manado atau Gubernur Sulut masih belum mau sesumbar ke mana akan mencalonkan diri.

GS Vicky Lumentut, misalnya. Wali Kota Manado ini mengaku belum mengetahui ke mana dirinya akan mencalonkan diri, apakah menjadi petahana pada Pilwako Manado atau malah naik menjadi calon Gubernur Sulut.

"Nanti pada saatnya saya akan sampaikan ke masyarakat mau ke mana saya akan mencalonkan diri. Kata orang Jawa ojo kesusu atau jangan terlalu terburu-buru, dan harus dipikirkan matang-matang dulu," ungkapnya kepada Tribun Manado saat ditemui di Lapangan Tenis KONI, Sario, Kamis (21/8/2014).

Ia menambahkan, saat ini dirinya belum mau terpengaruh isu pemilihan umum. Menurutnya, masih beberapa bulan lagi untuk tahapannya atau tepatnya tahun depan baru mulai bergema.

"Untuk saat ini saya masih fokus bekerja untuk Manado. Nanti jika sudah menjelang, baru akan disampaikan kepada masyarakat," jelasnya.

Ia juga mengaku masih senang menjalani tugasnya saat ini sebagai Wali Kota Manado dan ingin menyelesaikannya dengan baik sampai akhir masa jabatan.

Di Kantor Gubernur Sulut, komunitas pers Pemprov Sulut menggelar diskusi kriteria gubernur setelah SH Sarundajang mengakhiri masa jabatan Oktober 2015 mendatang. Dalam diskusi tersebut wartawan mengutarakan pendapatnya tentang sejumlah kriteria.

Steven Semen, wartawan Radio Sion, misalnya, mengidamkan sosok pemimpin perempuan. Kata dia, akan jadi sejarah baru daerah Nyiur Melambai dipimpin gubernur perempuan pertama. Ia berharap sosok perempuan muncul dalam pertarungan pilgub mendatang.

Tak sekadar sosok perempuan, lanjut dia, harus melekat kriteria positif. Menurutnya, perempuan identik dengan penyayang dan tulus, namun yang penting juga harus tegas dan mau berbuat. Ia mencontohkan sosok Risma, Wali Kota Surabaya, sebagai seorang pemimpin yang mau berbuat untuk kepentingan masyarakat dengan program nyata. "Meski dihadapkan dengan lawan punya kekuatan politik, tapi Risma dapat dukungan rakyat," kata dia.

Di Sulut, menurut dia, ada sosok calon pemimpin perempuan, sebut saja Maya Rumantir yang cukup fenomenal dalam Pemilu 2014. Lalu, kemudian Aryanti Baramuli dan Vonny Panambunan.

Jemsy Tuju, wartawan online lokal menyampaikan, kriteria pemimpin yang diinginkan saat ini masih tetap yang dinilai prorakyat. Fenomena Jokowi masih melekat di benak masyarakat untuk menentukan pilihannya nanti pada Pilgub 2015 mendatang.

Ia mengutarakan, ada kecendrungan pemimpin yang dipilih nanti karena faktor antitesa dari pempin sebelumnya. Ada semacam kejenuhan dari sosok pemimpin yang lama, hingga menjadi faktor untuk memilih pemimpin dengan sosok yang berbeda. Ia mencontohkan kasus ketika Sulut dipimpin duet politisi, Almarhum AJ Sondakh dan Harry Sualang.

Ketika itu pemerintahan terlalu dikuasai partai politik sehingga membuat masyarakat jenuh.  Ketika muncul sosok SH Sarundajang dari unsur birokrat, masyarakat pun mengalihkan pilihannya ke sosok baru tersebut.

Antitesa pemimpin saat ini, ada kecenderungan terlalu elite dengan protokoler ketat. Masyarakat jenuh dengan pemimpin bersosok elite, karena ada semacam dinding pemisah hubungan pemimpin dan masyarakatnya. "Calon pemimpin yang bisa meruntuhkan diding pemisah inilah yang diidamkan masyarakat," katanya.

Taufik Tumbelaka, pengagas diskusi ini juga punya gubernur idaman. Menurut dia ada dua kriteria pemimpin, prorakyat kemudian visioner. Kriteria prorakyat harus dituangkan lewat policy, satu yang bisa dicontohi dari APBD. Kemudian visioner, yakni bagaimana pemimpin punya pandangan ke depan untuk pembangunan Sulut.

Lanjut dia, gubernur berikut tetap harus belajar dari gubernur-gubernur sebelumnya jika ingin Sulut lebih baik. "Karena setiap gubernur pasti punya kelebihan dan kekurangan. Belajarlah dari hal tersebut," sebut dia.(amg/ryo)


Anda sedang membaca artikel tentang

Vicky Lumentut tak Ingin Sesumbar

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/08/vicky-lumentut-tak-ingin-sesumbar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Vicky Lumentut tak Ingin Sesumbar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Vicky Lumentut tak Ingin Sesumbar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger