Tajuk Tamu : Benarkah Senjata Api Rakitan?

Written By Unknown on Selasa, 26 Agustus 2014 | 11.35

Oldrie Ch Sorey
Peneliti di Balai Bahasa Provinisi Sulut

TRIBUNMANADO.CO.ID - Akhir-akhir ini berita mengenai tindak kejahatan, baik di media cetak maupun media elektronik,  hampir setiap hari kita baca atau kita dengar. Tindak kejahatan ini sudah pada tahap sangat mengkhawatirkan. Upaya aparat kepolisian untuk menangkal tindak kriminal itu, dengan mengadakan razia. Dari hasil razia yang dibuat, aparat kepolisian menemukan berbagai macam senjata api rakitan. Dalam tulisan ini tidak akan dibahas tentang tindak kriminal dan usaha- usaha penangkalan dari aparat kepolisian, melainkan hanya akan membicarakan mengenai frasa senjata api rakitan.

Proses morfologis kata rakitan menurut kelas kata terdiri atas dua tahap, pertama hasil bentukannya berkelas kata kata kerja—merakit; dan kedua, berkelas kata kata benda—perakit, perakitan, rakitan.

Kata turunan dari kata rakit yang ada dalam bagan di atas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia masing-masing  memiliki makna. Kata merakit berarti, 1) membuat rakit; 2) menyusun dan menggabungkan bagian-bagian mobil, perahu, mesin, dsb sampai dapat berfungsi dengan baik.  Kata perakit berarti yang merakit; penyusun; pengatur. Kata perakitan berarti proses merakit (mobil dsb). Kata rakitan berarti, 1) hasil merakit; sesuatu yang dirakit; 2) kesatuan berbagai komponen, missal mobil atau mesin.

Secara gramatikal kata merakit adalah sebuah verba transitif yang memerlukan sebuah objek yang hubungannya dengan verba tersebut sebagai hasil, dan bukan sebagai sasaran. Artinya, sebelum tindakan atau perbuatan merakit itu dilakukan, kata tersebut belum memiliki objek. Objeknya ada ketika tindakan itu berlangsung. Kata tersebut dapat kita tambahkan objek mobil menjadi frasa merakit mobil. Berbeda dengan verba membaca, hubungannya dengan objek adalah hubungan sasaran. Artinya, sebelum tindakan atau perbuatan membaca itu berlangsung, objek itu sudah ada contoh membaca buku. Buku dalam frasa membaca buku adalah sasaran dari tindakan membaca.

Adanya perbedaan hubungan hasil dan hubungan sasaran pada kedua kata tersebut di atas menyebabkan adanya perbedaan makna gramatikal ketika kata dasarnya dilekatkan dengan sufiks -an. Jadi, nomina rakitan yang diturunkan dari verba merakit bermakna gramatikal 'hasil merakit', sedangkan nomina bacaan yang diturunkan dari verba membaca memiliki makna gramatikal 'bahan yang dibaca'. Simak dan bandingkan makna gramatikal nomina bersufiks -an pada daftar A dan daftar B.

Daftar A
galian 'hasil menggali'
masakan 'hasil memasak'
tulisan 'hasil menulis'
rancangan 'hasil merancang'
rakitan 'hasil merakit'

Daftar B
cucian 'yang dicuci'
tahanan 'yang ditahan'
bacaan 'yang dibaca'
saringan 'alat menyaring'
bendungan 'alat membendung'

Kita kembali ke masalah senjata api rakitan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,  kata merakit dapat dimaknai menyusun, membuat, atau membentuk sesuatu barang utuh dari sejumlah komponen. Misalnya, merakit mobil menjadi sebuah mobil yang utuh. Komponen-komponen yang membentuk mobil tersebut antara lain mesin mobil, roda, ban, badan mobil, lampu, dan sebagainya. Komponen-komponen ini sudah ada ketika mobil itu dirakit, bukan dibuat baru. Mobil-mobil yang dirakit di Indonesia komponen-komponen didatangkan atau disiapkan dari luar negeri. Di Indonesia hanya tinggal merakitnya saja.

Nah, bagaimana dengan yang disebut senjata api rakitan? Apakah para perakitnya tinggal merakit saja? Apakah komponen-komponen, seperti larasnya, tangkainya, alat pemicunya sudah ada, sudah disiapkan oleh orang lain? Jawabannya tidak ada, sebab belum terdengar adanya satu perusahaan yang membuat komponen-komponen senjata api. Jadi, sebelum dirakit, komponen- komponen itu harus dibuat  sendiri oleh orang yang merakitnya atau pembuatnya. Jadi, senjata api yang banyak dirazia itu bukanlah hasil rakitan, melainkan hasil buatan sendiri bukan buatan pabrik.  Oleh karena itu frasa senjata api rakitan lebih tepat disebut senjata api buatan.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tajuk Tamu : Benarkah Senjata Api Rakitan?

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/08/tajuk-tamu-benarkah-senjata-api-rakitan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tajuk Tamu : Benarkah Senjata Api Rakitan?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tajuk Tamu : Benarkah Senjata Api Rakitan?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger