Di Hongkong Ada Posko Pengaduan Pilpres

Written By Unknown on Rabu, 16 Juli 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tim Relawan Pemantau Pemilu di Hong Kong membuka posko pengaduan di lapangan sepakbola Victoria Park, Minggu, 13 Juli 2014. Hal ini diungkapkan oleh dua orang relawan, Fahmi Panimbang dan Sring Atin.  

Dalam rilisnya yang disampaikan kepada tirbunnews.com, Rabu (16/4/2014) dijelaskan, posko dibuka untuk memfasilitasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Hong Kong,  saat pemilihan presiden pada Minggu, 6 Juli 2014 lalu tidak diberikan kesempatan menggunakan hak pilihnya akibat ditutupnya Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada jam 5.15 sore.

Dijelaskan, menurut pihak PPLN dan pemerintah Indonesia, penutupan dilakukan pada jam tersebut sesuai dengan izin peminjaman lapangan yang diberikan otoritas Hong Kong.

Posko dibuka pada pukul 12 siang hingga sekitar pukul 5 sore. Pengaduan yang datang berasal dari WNI yang mayoritas adalah buruh migran sektor Pekerja Rumah Tangga di Hong Kong.

Banyak yang mengadu soal panjang dan tidak teraturnya antrian calon pemilih hingga akhirnya sebagian dari mereka gagal mencoblos. Beberapa juga mengaku ditolak panitia karena tidak membawa undangan.

 "Saya antredari sekitar jam 11 siang, tapi semrawutnya antrian bikin saya diputar-putar dan berganti-ganti barisan sampai sore, dan akhirnya saya gagal mencoblos karena TPS ditutup jam 17.15," menurut salah satu pengadu.

Selain itu, beberapa pengadu menyatakan kesaksian mengenai perilaku tidak netral dan intimidasi terhadap calon pemilih yang dilakukan oknum anggota KPU dan Bawaslu dari Jakarta, menyusul penutupan TPS.

Perilaku inilah yang, menurut sejumlah kesaksian, kemudian memicu kericuhan. Setelah melapor ke Posko Pengaduan, beberapa WNI yang kehilangan hak suaranya beserta saksi-saksi mendatangi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong, untuk melakukan aksi protes.

Aksi tersebut menuntut Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) di Hong Kong serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengadakan pemilihan susulan, demi mengakomodir hak pilih mereka yang belum mencoblos. Selain dihadiri oleh beberapa korban serta saksi langsung, aksi di depan KJRI tersebut dihadiri oleh beberapa anggota Tim Relawan.

Sebelumnya, pada Rabu, 9 Juli 2014, Tim Relawan telah resmi memasukkan pengaduan mengenai dugaan pelanggaran pemilu kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Hong Kong. Panwaslu telah menerima dan menanggapi kedua pengaduan tersebut dan tengah melakukan proses investigasi.

Ada dua pengaduan yang disampaikan, yakni dugaan adanya intimidasi terhadap calon pemilih, serta pelanggaran administrasi penyelenggaraan pilpres yang mengakibatkan sejumlah warga tidak mendapatkan kesempatan pemilih.

Pengaduan yang diterima oleh Posko akan diteruskan kepada Panwaslu di Hong Kong, sebagai bukti tambahan atas dugaan pelanggaran yang telah dilaporkan. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Di Hongkong Ada Posko Pengaduan Pilpres

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/07/di-hongkong-ada-posko-pengaduan-pilpres.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Di Hongkong Ada Posko Pengaduan Pilpres

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Di Hongkong Ada Posko Pengaduan Pilpres

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger