'Serangan Udara' Jokowi Bakal Tajam

Written By Unknown on Senin, 14 April 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Dukungan Partai Nasdem kepada PDI Perjuangan memberikan dampak positif terhadap partai tersebut. Nasdem dinilai memiliki kekuatan yang cukup untuk membantu 'serangan udara' yang akan dilakukan PDI-P.

"Jelas menguntungkan, karena mereka bisa mendapat bantuan untuk kampanye nantinya," kata pengamat politik Universitas Gajah Mada, Arie Sudjito, Minggu (13/4./2014).

Seperti diketahui, saat kampanye terbuka lalu, sejumlah bos media massa yang bergabung ke dalam partai politik memanfaatkan media miliknya untuk kampanye.

Nasdem yang dikomandoi Surya Paloh merupakan bos Metro TV. Artinya, Jokowi akan mendapat peluru untuk 'serangan udara.'

Kendati demikian, Arie menambahkan, PDIP dinilai harus bisa menggandeng partai berbasis massa Islam seperti PKB untuk memperkuat pencapresan Joko Widodo nanti.

Menurutnya, PKB memiliki basis massa yang cukup kuat di daerah. Selain itu, kedua partai dianggap memiliki ideologi yang saling beriringan.

"Orang-orang NU itu ideologinya kuat. Kulturalnya kuat. Basis massa kelompok Nahdliyin, pesantren juga cukup besar. Karenanya PKB menjadi mesin partai yang penting," ujarnya.

Arie melihat partai papan tengah akan bersikap pragmatis. Menurut Arie, pragmatisme parpol itu disebabkan karena suara mereka cukup untuk mendukung partai papan atas yang mengusung capres.

"Selisih perolehan dukungan mereka kan bersaing, sehingga mereka akan merasa menjadi rebutan partai papan atas," kata Arie.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil hitung cepat Kompas, sejumlah partai papan tengah tersebut yaitu PAN (7,35 persen), PKS (6,98 persen), PPP (6,81 persen), Nasdem (6,75 persen) dan Hanura (5,17 persen).

Arie mengatakan, saat ini sejumlah elite partai papan atas masih terus melakukan penjajakan dengan sejumlah elite partai politik lain. Hal itu dilakukan guna memetakan kemungkinan koalisi yang akan terjadi di pemerintahan nanti.

"Tapi ini masih manuver awal yang dilakukan elite parpol. Hasilnya masih bisa berubah tergantung hasil akhir penghitungan suara pemilu nanti," katanya.

Dari sejumlah manuver yang ada, baru Nasdem yang menyatakan diri berkoalisi dengan PDIP untuk mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden. Menurut Arie, kedua partai itu memiliki kemiripan platform, sehingga mereka mampu menjalankan pemerintahan yang efektif.


Anda sedang membaca artikel tentang

'Serangan Udara' Jokowi Bakal Tajam

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/04/serangan-udara-jokowi-bakal-tajam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

'Serangan Udara' Jokowi Bakal Tajam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

'Serangan Udara' Jokowi Bakal Tajam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger