Bolaang Uki Bolsel Belum Miliki Pusat Ekonomi

Written By Unknown on Minggu, 27 April 2014 | 11.35

Laporan wartawan Tribun Manado David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Bolaang Uki memang belum bisa disebut sebagai ibu kota sekaligus pusat ekonomi. Pusat keramaian yang mengerakkan ekonomi belum terlihat. Pembangunan mengikuti RTRW belum kelihatan hasilnya.

Pantauan Tribun, selain Pasar Soguo yang belum berfungsi, tempat belanja dan rumah makan masih terpencar-pencar di seantero Kecamatan Bolaang Uki.
Umumnya rumah makan dan tempat belanja kecil hanya terkonsentrasi di kantor dinas atau bangunan kantor lainnya.

Di dekat kantor badan keluarga berencana, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Molibagu misalnya ada sekitar empat rumah makan dan empat warung (tempat belanja kecil). Di dekat kantor Kecamatan Bolaang Uki, tempat belanja dan rumah makan lumayan banyak tapi juga dalam skala kecil. Di dekat perkantoran kabupaten yang lama, rumah makan dan tempat belanja lumayan besar tapi belum menunjukkan adanya wajah kota. Popodu masih sedikit menunjukkan wajah kota dengan keragaman usaha tapi lagi-lagi belum dalam kelihatan dalam skala besar.

Kawasan pantai umumnya tertata dengan baik. Rumah makan sudah ada tapi lagi-lagi belum ditata seperti kawasan rumah makan Kalasey, Minahasa.

Seorang warga mengatakan belum ada kawasan khusus di Bolaang Uki yang disulap menjadi kawasan ekonomi. Misalnya, soal makanan. Belum ada kawasan seperti Boulevard Tondano.

Ia tidak memungkiri bahwa warung dan rumah makan masih tersebar dan toko yang bisa disebut besar hanya satu. Padahal jika berada dalam satu kawasan seperti kawasan kuliner, keuntungan ekonomi bisa dimaksimalkan.

Menurutnya, pendatang dari luar daerah akan datang dan betah tinggal jika ada suatu tempat atau produk unik yang ditawarkan. Fasilitas-fasilitas dan iklim pendukung baginya juga perlu ditambah. Selain ada usaha wisata, standar kebersihan dan standar lain perlu ditingkatkan

"Selain ada hotel atau tempat jualan suvenir, standar kebersihan rumah makan misalnya perlu mendapat perhatian. Kasihan kan sudah ada promosi besar-besaran tapi hotel dan kebersihan rumah makan tidak diperhatikan. Kalau selalu tinggal di rumah dinas, mereka tak akan bebas," tandasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Bolaang Uki Bolsel Belum Miliki Pusat Ekonomi

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/04/bolaang-uki-bolsel-belum-miliki-pusat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bolaang Uki Bolsel Belum Miliki Pusat Ekonomi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bolaang Uki Bolsel Belum Miliki Pusat Ekonomi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger