RS Ratumbuysang Bentuk Tim Pemulihan Psikologi Korban Banjir

Written By Unknown on Sabtu, 25 Januari 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemulihan psikologi pascabanjir bandang di Kota Manado 15 Januari 2014 merupakan kebutuhan yang tak kalah penting dibandingkan bantuan makanan, minuman dan lainnya.

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut mengaku mendapat laporan ada 200 korban banjir yang mengalami stres. Bagi korban yang mengalami tekanan stres bisa mendatangi Rumah Sakit Ratumbusyang Manado melakukan konsultasi dan mungkin pengobatan.

"Semua layanan di rumah sakit bagi korban banjir gratis. Di Rumah Sakit Ratusmbusyang  ada psikiater, piskolog yang dapat membantu. Bahkan kita juga dibantu piskolog dari Universitas Kristen Indonesia Tomohon," jelasnya, Jumat (24/1/2014).

 Lumentut menyadari bahwa pemulihan mental sangat penting. Untuk itu dia menyampaikan apresiasinya kepada orang-orang yang membantu korban banjir karena meringankan beban, termasuk membantu pemulihan mentalnya.  (rbt)

Terkait pemulihan psikologi korban banjir, Rumah Sakit Ratumbuysang Manado telah membentuk tim khusus. Ketika ditemui Tribun Manado, Jumat (24/1/2014), Elis Ratnawati, SPsi, M.Si, psikolog rumah sakit itu  baru kembali dari lokasi banjir. Dia mengakui, trauma para korban jika tidak ditangani secara serius akan memberikan dampak negatif bagi kejiwaan mereka.

Dikatakannya, selain bantuan sandang dan pangan, memberikan motivasi untuk bangkit kembali setelah kehilangan anggota keluarga serta harta benda merupakan langkah urgen bagi para korban. "Kami menemukan pasien sakit jiwa karena adanya peristiwa banjir ini penyakitnya kambuh lagi," ucapnya.

Menurut Elis, dia juga menerima telepon ada pasien di Sario yang rumahnya terkena banjir. Saat banjir melanda, pasien itu berada di luar kota. Ketika ia melihat rumahnya telah hancur penyakitnya kambuh lagi.  "Tim kami berupaya lebih pada kesehatan jiwa masyarakat. Kami berikan motivasi dan suport agar bisa mengatasi langsung dampak psikologis," tuturnya.

Elis mengatakan, dia bersama anggota tim lainnya turun ke lapangan dan menemui para korban banjir. "Intinya memberikan motivasi dan semangat. Bagaimana  (korban banjir) mempertahankan diri dan mampu menghadapi masalah ini. Jika  dia bisa atasi sesuai dengan pertahanan dirinya maka dia akan akan mampu melewati musibah tersebut," ungkapnya.

Dari para korban banjir di Manado, Elis menangkap dua kenyataan. "Ada dua hal yang saya tangkap. Pertama orang yang mau menerima keadaan bahwa memang sudah terjadi dan harus bangkit. Kedua, tidak menerima pada awalnya lalu berusaha membiasakan diri. Kelompok ini membutuhkan suport dari orang-orang seperti kita agar tidak dimakan trauma," tandasnya.

Ditemui secara terpisah, Wadir Yanmed dan Keperawatan  RSJ  Ratumbuysang Manado dr Enriko Rawung, MARS membenarkan  saat ini tim khusus RS Ratumbuysang sedang bekerja secara mobile untuk memberikan pelayanan psikologis kepada para korban banjir.  Dia menyebutkan, tim khusus yang beranggotakan delapan orang sudah bekerja sejak Kamis (16/1) atau sehari pascabanjir bandang melanda Kota Manado.

"Mereka bekerja di lapangan dengan turun langsung ke lokasi-lokasi bencana, memberikan pelayanan psikologis dan kesehatan bagi korban banjir bandang.  Tim kami juga  ke rumah-rumah korban banjir dan mendampingi korban banjir yang berpotensi terganggu kejiwaannya," kata Enriko.

Enriko menyebut lima kelompok yang  mendapat pelayanan pascabencana dari timnya. "Pertama korban lanjut usia, kedua ibu hamil melahirkan, ketiga anak-anak balita, keempat orang-orang sakit yang ada di rumah dan kelima orang-orang cacat. Jadi, kelima orang-orang yang lemah ini perlu dapatkan akses bantuan makanan, minuman, pakaian dan layanan kesehatan," ujarnya. (kel)


Anda sedang membaca artikel tentang

RS Ratumbuysang Bentuk Tim Pemulihan Psikologi Korban Banjir

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/01/rs-ratumbuysang-bentuk-tim-pemulihan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

RS Ratumbuysang Bentuk Tim Pemulihan Psikologi Korban Banjir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

RS Ratumbuysang Bentuk Tim Pemulihan Psikologi Korban Banjir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger