PU Sulut Gali Tebing Buat Jalan Baru

Written By Unknown on Jumat, 24 Januari 2014 | 11.35

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -  - Dinas Pekerjaan Umum (PU) tak bisa langsung memperbaiki fasilitas rusak akibat bencana banjir tanah longsor. Menurut  Kepala Dinas PU Sulut J E Kenap perbaikan dilakukan bertahap dengan mempertimbangkanskala prioritas.

Prioritas dimaksud seperti akses jalan masuk ke Manado dari Tomohon.

"Tepatnya jalan di desa Tinoor yang putus dan termasuk kategori bencana jalan berat kondisi kerusakannya akibat longsor," jelas Kenap, beberapa waktu lalu.

"Yang sulit karena ambruk, jadi kami harus pakai gorong-gorong untuk memperkuat dan membuat tras baru di samping jalan yang longsor tersebut. Sehingga itu akan memakan waktu yang sedikit lama," terangnya.

PU berencana menggali sekitar 20 Meter di samping bekas longsor. Hal itu karena ia tak mau ambil risiko, tanah bekas longsor tersebut labil, sehingga akan lebih baik membuka jalan baru dengan menggali gunung.

"Kami tidak mau ambil resiko kalau hanya menimbun bekas jalan longsor tersebut, nantinya ditakutkan akan ambruk lagi karena kondisi tanah pada jalan tersebut labil," ungkapnya.

Pekerjaan awalnya, kata Kenap, PU akan memulai dengan penggalian untuk menambah lebar ruas jalan tersebut,

"Harapannya prosesnya bisa cepat dilakukan sampai akhir  Januari ini. Mudah-mudahan dalam jangka waktu dua minggu kedepan ini, kami segera lakukan penggaliannya sehingga sudah bisa dilalui oleh kendaraan," katanya.

Untuk peralatan menurtnya sejak Selasa (20/1) lalu sudah siap di lokasi, "Kami juga melakukan uji coba penggalian tapi terhenti akibat jalannya goyang, karena kami merasakan ada gerakan tanah, sehingga proses pekerjaannya terpaksa di hentikan dulu sementara waktu," pungkasnya.

Selain itu untuk penanganan untuk ruas tertutup tanah menurut Kenap, tergolong mudah karena hanya memakai alat besar untuk keluarkan tumpukan tanah longsor tersebut. (ryo)


Anda sedang membaca artikel tentang

PU Sulut Gali Tebing Buat Jalan Baru

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/01/pu-sulut-gali-tebing-buat-jalan-baru.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PU Sulut Gali Tebing Buat Jalan Baru

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PU Sulut Gali Tebing Buat Jalan Baru

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger