Rekoleksi Antikorupsi Keuskupan Manado

Written By Unknown on Sabtu, 16 November 2013 | 11.35

Laporan wartawan Tribun Manado David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Rekoleksi spiritualitas antikorupsi yang diselenggarakan Komisi Keadilan, Perdamaian dan Pastoral Migran dan Perantau Keuskupan Manado dimulai hari ini Jumat (15/11/2013) di Wisma Lorenso Lotta-Pineleng. Tema yang diambil ialah Beriman tanpa korupsi .

Pastor Benny Saletia Pr ketika memberi khotbah tentang ajakan kepada umat Katolik memiliki semangat antikorupsi. Bagi Saletia ini sangat penting karena di dalamnya akan ada sharing pengalaman dan identitas Katolik.

"Kita harus mempunyai kepeduliaan dalam masalah sosial," ujarnya.

Bagi Sekertaris keuskupan Manado, Pastor John Montolalu Pr, mengatakan kegiatan ini padat tapi kaya makna. Ini sesuai dengan pesan Bapa Konsili untuk peduli.

"Ini harus digumuli bersama," katanya.

Gereja sejak awal mula menurutnya, juga sudah berlawanan dengan korupsi. Perlawanan ini berbicara dalam bingkai pergumulan Gereja, belajar dari sang Guru.

"Posisi Gereja sesuai mandat keselamatan untuk membawa kemuliaan sesuai dengan ajaran Yesus. Yesus menolak korupsi tapi juga mencintai, menanti dan menghormati mereka. Yang rusak dibetulkan. Yang berdosa diselamatkan. Pesan utama Yesus ialah pulanglah dan jangan berbuat dosa lagi," katanya.

Romo Adi, Dokpen Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) mengatakan korupsi lebih berbahaya dari narkoba. Narkoba bisa merusak keluarga tapi korupsi bisa merusak seluruh bangsa. Narkoba merusak anak muda tapi korupsi merusak semua usia.

Lebih lanjut, Romo Adi mengatakan korupsi merupakan fenomena gunung es. Karena itu, Gereja harus belajar seperti Gereja di Filipina.

Drs J Eddie Cahyono Putro, Chairman Bhumiksara foundation yang bekerja sama dengan KWI untuk kegiatan ini mengatakan mereka meneruskan mandat para pendiri. Pendiri yayasan ini di antaranya merupakan petinggi Harian Kompas. Mereka adalah Jakob Oetama dan St Sularto. Mereka dipanggil untuk memerangi korupsi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Rekoleksi Antikorupsi Keuskupan Manado

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/11/rekoleksi-antikorupsi-keuskupan-manado.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rekoleksi Antikorupsi Keuskupan Manado

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rekoleksi Antikorupsi Keuskupan Manado

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger