Hino Buat Mesin Pesawat yang Pecahkan Rekor Dunia

Written By Unknown on Sabtu, 30 November 2013 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebuah truk tua warna merah marun terpajang di pintu masuk sebuah bangunan megah Hino Auto Plaza di kawasan Hachioji-shi, Perfecture Tokyo, Jepang. Rodanya terbuat dari kayu, sedangkan ban dari karet padat alias ban tanpa angin.

Di bagian kemudi hanya dilindungi penutup dari kain. Bagian depan terbuka tanpa kaca. Ada dua lampu untuk menerangi jalan namun belum menggunakan lampu pijar. Lampu masih menggunakan  nyala api berbahan bakar gas. 

Itulah  truk produksi pertama Tokyo Gas & Electric Co Ltd, cikal bakal Hino Motors, yang diluncurkan pada 1917 lalu.  Sebelum bernama Hino Motors Ltd pada 1999, perusahaan itu bernama Tokyo Gas & Electric Co Ltd (1910) dan Hino Heavy Industry Co Ltd (1942).

 "Replika truk kuno ini dibuat pada 1996 dan kemudian dipamerkan di tempat ini," ujar Tadakazu Shiozaki, staf Hino Autoplaza Divisi Welfare Service. Hino Auto Plaza boleh dibilang sebagai museum sejarah perjalanan Hino Motors dan produk- produk yang pernah dihasilkan perusahaan pembuat kendaraan bermotor tersebut.

Di museum itu dapat diketahui ternyata Hino juga pernah membuat pesawat terbang baling-baling yang diberi nama Koukenki pada 1938. Hebatnya pesawat tersebut pernah membuat rekor dunia karena mampu terbang 11.651 km tanpa pengisian bahan bakar di perjalanan.  "Kapasitas tangki bahan bakar pesawat Koukenkia sekitar 7.500 liter. Sebelumnya, Tokyo Gas & Electric Co Ltd mampu membuat mesin pesawat terbang pada 1930," tambah Tadakazu. Mesin pesawat buatan Hino tersebut pernah dipasang ke sebuah pesawat yang  kemudian jatuh di Danau Towada pada 1943.

Selama ini Hino lebih banyak dikenal sebagai pembuat truk dan bus, namun perusahaan ini punya jejak meluncurkan sedan bekerja sama dengan Renault, pembuat mobil di Prancis. "Mulai 1953 Hino bekerja sama dengan Renault, Hino meluncurkan sedan Hino Renault berkapasitas mesin 748 cc dan empat tempat duduk," ujar Tadakazu Shiozak sambil menunjuk replika mobil tersebut.

Bukan itu saja, Hino juga meluncurkan sedan bernama Contessa 900 pada 1961. Sedan ini pernah ikut serta dalam ajang balapan Japan Grand Prix . Untuk keperluan pasar di luar Jepang, pada 1964 Hino meluncurkan sedan sport Contessa 1300 coupe, dengan kecepatan maksimal  145 km per jam.

Di gedung yang menempati areal seluas 4 hektare ini pun tersimpan berbagai tropi dan penghargaan yang diperoleh Hino dalam ajang Reli Dakar sejak 1991. Bukan hanya itu saja, di bagian luar bangunan terpajang sebuah truk rancangan khusus Hino untuk Reli Dakar yang diberi nama Hino Ranger. "Hino Ranger yang ditampilkan di Hino Auto Plaza ini pernah dipakai Reli Paris Dakar pada 1996. Hino mengikuti reli internasional itu sejak 1991," ujar Hiroyasu Seto, Manager Marketing  & Sales Group, Marketing Departement Indonesia Divison.

Selain truk dan bus, hingga saat ini pabrik Hino Motors di kawasan Hamura, Tokyo, juga memproduksi mobil mewah Toyota Land Cruiser dan Prado. Sejak 1966, Hino memang menjadi bagian dari Toyota. Yuji Tanaka, Manajer Pabrik Hino di Hamura, mengajak Tribunnews berkeliling melihat produksi Toyota Land Cruiser mulai dari tahap awal hingga inspeksi terakhir sebelum mobil dipasarkan.
Perakitan dimulai dari pemasangan mesin di kerangka mobil, dilanjutkan dengan penyatuan bodi mobil yang telah dilengkapi aksesoris interior-eksterior dengan mesin. Semua dikerjakan secara cepat melalui sistem roda berjalan.

"Di Jepang, Toyota Land Cruiser masuk kategori klas menenangah atas sehingga harus dikerjakan secara teliti, terutama performa mesin dan sistem elektriknya. Kami juga mendapat target jumlah produksi setiap harinya," ujar Yuji Tanaka. Sesuai standar Toyota, proses produksi di Pabrik Hamura tidak boleh dipotret atau direkam oleh orang luar, termasuk wartawan. Hanya peserta training dari lingkungan internal Hino yang diizinkan memotret lokasi tersebut. (febby mahendra)


Anda sedang membaca artikel tentang

Hino Buat Mesin Pesawat yang Pecahkan Rekor Dunia

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/11/hino-buat-mesin-pesawat-yang-pecahkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hino Buat Mesin Pesawat yang Pecahkan Rekor Dunia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hino Buat Mesin Pesawat yang Pecahkan Rekor Dunia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger