Pintu Kamar Olly Dibuka Paksa

Written By Unknown on Kamis, 26 September 2013 | 11.36

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI -  Lima orang penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah Ketua Komisi XI DPR Olly Dondokambey  di Desa Kolongan Kecamatan Kalawat  Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rabu (25/9).

Pintu kamar rumah Olly sempat dibuka paksa saat petugas KPK hendak menggeledah isinya.

Hal itu diceritakan  Hukum Tua  Desa Kolongan Deni Mokolensang yang mendampingi petugas KPK saat menggeledah rumah Bendahara Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut. Pada Rabu (25/9) pagi, kata Deni, dia menerima telepon dari sekretaris desa yang sudah lebih dulu berada di kantor desa. "Kata sekretaris saya, ada KPK menunggu di kantor," katanya.

Deni pun bergegas ke kantor desa yang tak seberapa jauh dari rumahnya. Sesampai di sana dia melihat lima orang berpakaian putih. Seorang di antaranya perkenalkan diri sebagai penyidik KPK dan memberitahu Deni maksud kedatangan mereka.
"Kami ingin diantar ke rumah Pak Olly," ujar Deni menirukan perkataan penyidik KPK.

Tak lama kemudian, sepeda motor Denny bersama mobil yang ditumpangi anggota KPK menuju rumah Olly di kawasan perkebunan Desa Kolongan. Menembus pepohonan, melewati jalan yang lurus dan semuanya beraspal, iring-iringan kendaraan itu  kemudian berbelok ke kanan, kemudian kiri, lalu tiba di jalan kecil berujung pos jaga. Iring-iringan kendaraan lewat dengan mulus di pos jaga itu, menempuh jarak sejauh puluhan meter dan tiba di rumah Olly.

Di bawah kawalan anggota Brimob serta beberapa anggota Polres Minut, kelima personel KPK tersebut tampil ramah dan simpatik saat memasuki rumah Olly. Itu klop dengan sambutan pihak tuan rumah yang diwakili dua orang kepercayaan Olly. Mereka dengan ramah menyambut kehadiran personel KPK.

Deni ingat ucapan seorang anggota KPK kepada seluruh yang hadir dalam penggeledahan itu. "Jangan musuhi kami," katanya. Temi, orang kepercayaan Olly Dondokambey yang berada di rumah itu mempersilakan penyidik KPK masuk rumah. Ia menyilakan KPK memasuki seluruh area rumah bertingkat dua itu.

Diceritakan Deni, personel KPK sempat kesulitan memasuki kamar Olly karena pintu dan jendela terkunci. Temi meminta staf KPK agar mendobrak saja. Namun, staf  KPK urung melakukan itu. Temi lalu mengambil sebuah batu dan mendobrak pintu kamar itu. Kuatnya pukulan Temi membuat bangunan rumah bergoyang serta merusakkan pintu rumah yang megah itu.

Ketika pintu akhirnya terbuka, personel KPK masuk ke dalam, namun tak menemukan barang yang dicari. Mereka melanjutkan pencarian ke seluruh bagian rumah. Tak ada yang luput, bahkan kamar toilet pun dimasuki. Deni mengatakan, personel KPK sempat membawa meja di ruang tamu dan ruang makan, namun dtitinggalkan kembali. "Ternyata bukan itu yang dicari," katanya.

KPK baru menemukan apa yang dicari yaitu dua buah meja dan dua buah kursi di pendopo serta di  dapur. "Meja itu dari kayu jati berwarna agak kemerahan dengan urat kayu masih terlihat jelas, sedang kursi juga terbuat dari kayu," kata Deni.

Meja di pendopo itu berukuran lebih panjang dari di dapur, yang biasa dipakai untuk meletakkan minuman mineral ketika acara berlangsung di pendopo itu.

KPK juga mengamankan Kuitansi pembelian meja dan kursi itu sebesar 31 juta.
Dikatakan Deni, selama penggeledahan itu, anggota KPK jarang bicara namun sering menebar senyum. Yang unik dari anggota KPK ini, adalah mereka bawa bekal sendiri. "Mereka terlihat bawa air mineral," katanya.

Menjelang pukul 14.00 Wita, Rabu (25/9), sebuah truk berwarna kuning masuk ke halaman rumah Olly Dondokambey. Dua meja serta kursi itu lantas dinaikkan ke dalam truk itu. Kemudian para anggota KPK pamit kepada tuan rumah dan memasuki mobil mereka. Tak lama kemudian, iring - iringan mobil KPK meninggalkan rumah Olly. Iring-iringan yang mulanya berjalan lambat kian melaju ketika mendekati pos jaga. Entah ke mana mereka bergerak sambil membawa meja dan kursi dari rumah Olly.(ART/KEV/DEV)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pintu Kamar Olly Dibuka Paksa

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/09/pintu-kamar-olly-dibuka-paksa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pintu Kamar Olly Dibuka Paksa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pintu Kamar Olly Dibuka Paksa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger