Wali Kota Eman Santai tak Punya Wakil

Written By Unknown on Kamis, 29 Agustus 2013 | 11.36

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Dua tahun tujuh bulan sudah Kota Tomohon tanpa wakil wali kota atau satu setengah tahun berlalu sejak Jimmy Eman resmi ditetapkan sebagai wali kota definitif. Lowongnya jabatan tersebut dijawab Jimmy Eman dengan santai saat ditemui Tribun Manado di Kobong Cafe Tomohon, Rabu (28/8).

Jimmy Eman mengatakan,  penetapan wakil wali   kota (wawali)  bukan merupakan kewenangannya. Kewenangan itu ada di partai. "Partai yang mengusulkan calon wali kota," katanya sambil tersenyum.

Menurut Eman, Partai Golkar dan Gerinda di Tomohon belum mengusulkan nama calon wakil wali kota yang akan mendampinginginya hingga akhir masa jabatan tahun 2015. Eman sendiri merupakan Ketua DPD II Partai Golkar Kota Tomohon.

"Untuk calon dari  Golkar harus berdasarkan keputusan DPP (Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar(.  DPP Golkar sekarang masih berurusan dengan DCT (Daftar Calon Tetap anggota legislatif, Red).Mereka masih sibuk dengan itu," kata Eman lagi-lagi sambil menebarkan senyum.

Kemarin, Wali Kota Jimmy Eman hadir di Kobong Cafe bersama sejumlah pejabat untuk dialog informal dengan belasan wartawan. Mengenai langkah berikut yang akan ditempuh guna mengisi jabatan wawali Tomohon, Jimmy Eman menjawab, "Kami kami akan membicarakannya." Setelah itu Eman bergegas menuju mobil dinasnya meninggalkan Kobong Cafe.

Dihubungi secara terpisah, Anggota Fraksi PDI Perjuangan Kota Tomohon Johanis Wilar meminta ketegasan sikap Wali Kota Jimmy Eman yang juga menjabat ketua DPD Golkar untuk mengajukan calon wawali. "Kami minta penegasan wali kota. Jangan sebut DPP. Sebab ia yang berhak menentukan,"  kata Wilar, Rabu (28/8).
Wilar  mengatakan, DPRD Kota Tomohon menagih janji Jimmy Eman yang akan menyelesaikan masalah wakil wali kota setelah penetapan DCT.

Wilar menyebut sudah ada wacana di DPRD Tomohon akan menggunakan hak interpelasi terkait calon wawali.

."Teman-teman sudah membicarakan. Dan kami akan menindaklanjuti hal itu. Kami kemungkinan akan menggunakan hak interpelasi," ujarnya. Wilar menyatakan Partai Gerindra sudah memasukkan nama calon ke pimpinan Dewan. "Mereka sudah memasukkan nama calon kepada pimpinan Dewan,"  katanya.(dma)


Anda sedang membaca artikel tentang

Wali Kota Eman Santai tak Punya Wakil

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/08/wali-kota-eman-santai-tak-punya-wakil.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wali Kota Eman Santai tak Punya Wakil

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wali Kota Eman Santai tak Punya Wakil

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger