Hampir Sepekan Roy Tak Menangkap Ikan di Danau Tondano

Written By Unknown on Kamis, 29 Agustus 2013 | 11.36

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Roy Nelson, tinggal di pesisir Sungai Tondano tidak bisa pergi menangkap ikan di Danau Tondano selama hampir sepekan. Tumpukan eceng gondok di sungai tersebut menghambat perahu yang dia gunakan.

Saat diwawancarai Tribun Manado, Kamis (29/8), ayah dua orang anak ini mengatakan tumpukan eceng gondok yang telah menutupi seluruh badan sungai sangat menyulitkan nelayan untuk pergi ke Danau Tondano. Menurutnya perahu kecil yang mereka gunakan hampir tidak mungkin menembus tumpukan eceng gondok yang padat dan mencapai beberapa ratus meter.

"Pernah saya berusaha menembus eceng gondok ini tapi tidak bisa. Mesin kecil yang saya gunakan tidak bisa mendorong perahu menembus eceng gondok yang sangat tebal. Sangat sulit bekerja jika kondisi terus seperti ini," ujarnya.

Jotje, seorang warga yang biasa menggunakan Sungai Tondano sebagai jalur untuk mengangkut rumput pakan ternak juga mengeluh kesulitan pergi ke Danau Tondano. Pada kondisi normal dia biasanya pergi ke Danau Tondano untuk memotong rumput dan dimuat diatas perahu untuk dijual di dekat pusat Kota Tondano.

"Sekarang sangat sulit untuk pergi ke Danau Tondano menggunakan perahu. Saya terpaksa pergi naik ojek dan pulang menyewa bendi untuk memuat rumput yang saya potong. Harus keluar biaya tambahan padahal penghasilan kami hanya pas-pasan," ujarnya.

Tumpukan eceng gondok di Danau Tondano mulai terjadi sejak Sabtu (17/8) dan terus meluas sampai beberapa hari kemudian. Saat ini tumpukan eceng gondok masih memenuhi Sungai Tondano sepanjang sekitar dua kilometer dari hulu sampai Desa Tonsea Lama, Kecamatan Tondano Utara.

Namun kepadatan eceng gondok sedikit berkurang karena ada areal yang tidak lagi tertutup eceng gondok. Namun masih banyak terlihat areal sepanjang beberapa ratus meter yang semuanya tertutup eceng gondok.


Anda sedang membaca artikel tentang

Hampir Sepekan Roy Tak Menangkap Ikan di Danau Tondano

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/08/hampir-sepekan-roy-tak-menangkap-ikan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hampir Sepekan Roy Tak Menangkap Ikan di Danau Tondano

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hampir Sepekan Roy Tak Menangkap Ikan di Danau Tondano

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger