Penerima Bantuan Siswa Miskin SD di Tomohon bertambah

Written By Unknown on Rabu, 21 Agustus 2013 | 11.36

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON—Pemerintah Kota Tomohon memberikan perhatian serius untuk pengembangan mutu pendidikan bagi seluruh siswanya, demi memacu peningkatan sumber daya manusia yang handal. Caranya, dengan memberikan bantuan dana bagi yang terkendala biaya, untuk menjamin tak ada satupun siswa yang putus sekolah terutama pada pendidikan dasar.

"Pada tahun 2013 ini, pemerintah daerah terus memacu seluruh siswa untuk giat belajar, agar mutu pendidikan demi terciptanya sumber daya manusia yang handal dan berkarakter dapat diwujudkan untuk membangun daerah ini ke depan. Bagi, yang terkendala biaya tetap harus bersekolah, sebab ada bantuan dana yang diberikan oleh pemerintah, terutama bagi yang miskin," kata Dolvin Karwur, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tomohon, kemarin.

Sonny Saruan, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Tomohon mengambahkan pemerintah memang berupaya agar seluruh peserta didik dapat menunaikan tugas belajarnya dengan baik. Bagi yang terkendala biaya, diberikan dana lewat bantuan siswa miskin (BSM) dimana pada tahun ini mengalami penambahan dari awalnya, 810 menjadi 2.438 khusus siswa SD di Tomohon. "Sebenarnya kuota penerima BSM dari pusat untuk SD berjumlah 3.053, namun yang memenuhi syarat baru 2.438 artinya mengalami ketambahan sekitar 1.628 siswa," tuturnya.

Menurut Sonny, memang tidak sembarang untuk menerima BSM, sebab yang berhak hanyalah mereka yang benar-benar miskin dibuktikan dengan adanya kartu perlindungan sosial (KPS) atau orang tua siswa terdaftar sebagai peserta program keluarga harapan (PKH). "Yang berhak menerima, jika tak memiliki KPS adalah mereka yang terancam putus sekolah karena kesulitan biaya, yatim piatu, kelainan fisik, korban musibah berkepanjangan, atau rumah tangga miskin yang memiliki 3 anak berusia dibawah 18 tahun. Jadi, itu yang diverifikasi oleh sekolah dan telah diusulkan oleh pemerintah daerah ke pemerintah pusat. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan benar, jika sudah diterima," tegasnya.

BSM kata dia memang sanga berarti, sebab untuk tahun 2013-2014 mengalami kenaikan misalnya untuk SD menjadi Rp 450 ribu dan SMP Rp 750 ribu, serta SMA Rp 1 juta per siswa per tahun. "Pada tahun sebelumnya, setiap siswa SD hanya menerima sebesar Rp 360 ribu tapi kini menjadi Rp 450 ribu, dan SMP dari Rp 550 ribu menjadi Rp 750 ribu," tukas Saruan. (War)


Anda sedang membaca artikel tentang

Penerima Bantuan Siswa Miskin SD di Tomohon bertambah

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/08/penerima-bantuan-siswa-miskin-sd-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penerima Bantuan Siswa Miskin SD di Tomohon bertambah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penerima Bantuan Siswa Miskin SD di Tomohon bertambah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger