KPUD Boltim Tetapkan 188 Caleg Masuk DCT

Written By Unknown on Jumat, 23 Agustus 2013 | 11.36

Laporan wartawan Tribun Manado Aldi Ponge

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOLTIM-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menetapkan 188 calon legislatif (caleg) masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT), pada Kamis (22/8).

Hal ini terungkap dalam dalam jumpa persnya, KPUD Boltim usai penetapan DCT yang dihadiri oleh 5 Komisioner KPUD Boltim yakni Hendra Damopolii, Awalludin Umbola, Ronal Limbanon, Abdul Kader Bahcmid, dan Devita Helmy Pandey.

Ketua Divisi Hukum dan teknis Penyelenggaran, Awalludin Umbola
mengungkapkan hasil rapat pleno KPUD Boltim ditetapkan 188 nama dalam DCT dari 191 calon yang masuk DCS. "Secara keseluruhan DCT 188 orang yang terdiri atas Laki-laki 113 dan perempuan 75 orang," ungkap Awaluddin.

Awaluddin mengatakan penetapan DCT tersebut dilakukan setelah dilakukan verifikasi Daftar Calon Sementara (DCS), pada awal Agustus.
"Usai penetapan DCS, ada beberapa calon yang mengajukan pengunduran diri ke partai politik (Parpol), lalu disampaikan parpol ke KPUD," ujar Awalludin.

Dia mengungkapkan partai yang mengajukan pengunduran diri calegnya yakni caleg dari Partai Golkar, caleg partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), caleg dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Katanya, proses pengunduran diri diajukan partai karena peserta pemilu adalah parpol. "Golkar ada 3 orang, 2 perempuan, 1 laki-laki, Hanura 1 orang laki-laki dan Nasdem 1 orang caleg perempuan. Kelimanya dari daerah pemilihan dua, Boltim," jelas Awalludin.

Awalludin menuturkan untuk Partai Nasdem calon yang mundur mempengaruhi kuota 30 persen perempuan sehingga langsung dilakukan pergantian caleg sesuai yang diusulkan partai. Partai Hanura tidak bisa diganti sebab caleg yang mundur adalah laki-laki. Sedangkan untuk Partai Golkar dari 3 caleg yang mundur KPUD hanya menyetujui 1 caleg perempuan yang diganti karena masuknya caleg tersebut kuota perempuan sudah terpenuhi.

"Sesuai peraturan KPU tentang pencalonan bahwa dilakukan pergantian ketika ada calon mundur perempuan karena mempengaruhi 30 kuota persen. Ditanggapi masyarakat berkas administrasinya dan ketika dibuktikan gugur dan meninggal dunia
Ada pengecualian harus perempuan yang berpengaruh pada kuota keterwakilan perempuan. Sedangkan laki-laki atau perempuan tidak mempengaruhi tidak bisa diganti," jelas Awaluddin.

Ketua KPUD Boltim, Hendra Damopolii menambahkan semua caleg dari 12 parpol peserta pemilu sudah diverifikasi. "Keselurahan caleg diusung masing-masing partai sudah memenuhi 30 persen," ujar Hendra.

Hendra menjelaskan setelah ditetapkannya DCT. Maka tidak akan ada lagi perubahan nama caleg dalam daftar tersebut.

"Ketika DCT, tidak ada lagi perubahan, jika kemudian meninggal atau mengundurkan diri. Nama dan gambar tetap terdaftar dan suaranya dianggap suara partai," terang Hendra.

Data yang dihimpun Tribun Manado, caleg yang mundur yakni Kadafi Kadengkan, Melinda Solag dan Novianti lapalima dari partai Golkar dan masuk Susilawati Oranye. Partai Nasdem Juniati Modeong digantikan Virginia Ismail. Sedangkan caleg Partai Hanura yang mundur yakni Buyung Putabuga dan tidak bisa ditetapkan penggantinya. (Ald)


Anda sedang membaca artikel tentang

KPUD Boltim Tetapkan 188 Caleg Masuk DCT

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/08/kpud-boltim-tetapkan-188-caleg-masuk-dct.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPUD Boltim Tetapkan 188 Caleg Masuk DCT

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPUD Boltim Tetapkan 188 Caleg Masuk DCT

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger