Wali Kota Manado Akan Ubah Air Laut

Written By Unknown on Selasa, 23 Juli 2013 | 11.36

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut bicara mengenai kesulitan air bersih yang dirasakan warga Pulau Bunaken. Menurutnya, kesulitan itu tidak hanya dirasakan warga  Bunaken melainkan hingga sebagian wilayah di Kota Manado. "Termasuk Pulau Siladen dan Manado Tua," kata Lumentut kepada Tribun Manado seusai menghadiri kegiatan sayembara nasional penulisan Otonomi Daerah tingkat SLTA (sederajat) dan perguruan tinggi (S1) di MCC, Senin (22/7/2013).

Dijelaskannya, seharusnya  hingga tahun 2015 cakupan layanan air bersih di Kota Manado  sudah mencapai 80 persen sesuai target Millennium Development Goals (MDGs). Sampai saat ini layanan itu belum sampai 40 persen.

"Namun demikian,  seperti diketahui bersama Pemko Manado tengah melakukan kerja sama dengan PT Air dan  Water Laiding Maskapai Dreente (WMD). Kami akan melakukan sebuah trobosan untuk meningkatkan cakupan air bersih," tuturnya. Menurut wali kota target Pemko Manado sampai tahun 2015 minimal bisa mencapai 68 persen layanan air bersih.

"Berarti wilayah‑wilayah yang belum menikmati air bersih harus dipikirkan,  termasuk tiga pulau tersebut. Kami akan terapkan teknologi mengubah air laut menjadi air tawar dimana saat ini sedang digodok oleh PT Air  Manadodan Dinas Pekerjaan Umum (PU). Mudah-mudahan menjadi solusi dalam waktu yang tidak lama," kata Lumentut.

Sementara Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaaan mengatakan Pemko Manado akan  mengevaluasi proyek air bersih untuk warga Pulau Bunaken yang kini tidak lagi berfungsi. "Nanti dicek dahulu. Setelah itu kami tentukan langkah berikutnya," kata Ai, sapaan akrab Harley Mangindaan, Minggu (21/7/2013).

Wakil wali kota menambahkan, Pemko Manado juga akan mencari tahu penyebab terjadinya kerusakan pada fasilitas mesin desalinator (alat penyulingan air laut menjadi air tawar) di Pulau Bunaken. (crz/dma)

Sumber: Tribun Manado cetak.


Anda sedang membaca artikel tentang

Wali Kota Manado Akan Ubah Air Laut

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/07/wali-kota-manado-akan-ubah-air-laut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wali Kota Manado Akan Ubah Air Laut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wali Kota Manado Akan Ubah Air Laut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger