JWT Lengkey Terkenang CJ Rantung Saat Bangun Monumen Trikora di Bitung

Written By Unknown on Kamis, 04 April 2013 | 11.35

Tribun Manado - Kamis, 4 April 2013 11:05 WITA

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mantan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) CJ Rantung yang meninggal pada Rabu (3/4) kemarin menguak kesedihan sekaligus kenangan dari semua lapisan masyarakat di Nyiur Melambai ini. Satu diantaranya dari aktivis anti korupsi yang juga mantan anggota DPRD Kota Tomohon John Willem Turangan (JWT) Lengkey.

Lengkey kepada Tribun Manado, Kamis (4/4) menuturkan perasaaan sedihnya karena kehilangan salah satu sahabat terbaiknya. "CJ Rantung orang yang luar biasa. Bukan hanya karena dia seorang mantan Gubernur tapi karena sikapnya yang benar-benar menunjukan seorang manusia sejati yang patut menjadi teladan di daerah bahkan di dunia ini," ungkap Lengkey.

Kenangan perjuangan yang tak terlupakan bagi Lengkey ketika membangun Monumen Trikora dalam kapasitasnya sebagai Ketua Kadinda Sulut dan juga merangkap Ketua BPD Gapensi Sulut. "Waktu itu saya sebagai Ketua Kadinda Sulut mendampingi CJ Rantung untuk membangun monumen Trikora di Pulau Lembe, Kota Bitung. Masih teringat karena mengejar waktu kami harus nginap di rumah dinas Wali Kota Bitung yang saat itu dijabat SH Sarundajang. Banyak pembicaraan yang terjadi waktu itu dan cukup menantukan pembangunan di Bitung maupun di Sulut saat ini," ujarnya.

Adapun pembangunan Monumen Trikora membutuhkan waktu 18 bulan yaitu dimulai Maret 1992 dan selesai pada September 1994. Menurut Lengkey, CJ Rantung sangat disiplin bukan hanya soal waktu kunjungan atau rapat-rapat bersama para pejabat daerah tetapi juga dalam pelaksanaan proyek pembangunan. Tidak heran, dalam masa kepemimpinnya banyak fasilitas umum termasuk diantaranya Monumen Trikora yang berhasil di bangun dan menjadi ikon daerah ini.

Kenangan lainnya adalah perjuangan CJ Rantung terkait penyelesaian Monumen Trikora pada 1994. "Monumen Trikoran adalah peninggalan sejarah nasional dari bangsa ini. Sebuah kebanggan ketika saya dan CJRantung serta SH Sarundajang dan Dr Ruddi Tenda bisa berkunjung ke istana negera khusus untuk menemui Presiden Soeharto saat itu untuk melapor kemajuan Monumen Trikora 1994 dan mendapatkan apresiasi presiden," katanya.

Selain itu, kenangan perjuangan pertama adalah pembukaan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines The East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) di Davao City. "Saya sebagai Ketua Kadinda Sulut mendampingi beliau CJ Rantung sebagai Gubernur Sulut saat itu dan luar biasa peran beliau dalam merintis kerjasama dengan negara-negara tetangga demi perdamaian," ungkap Lengkey.(dit)


Anda sedang membaca artikel tentang

JWT Lengkey Terkenang CJ Rantung Saat Bangun Monumen Trikora di Bitung

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/04/jwt-lengkey-terkenang-cj-rantung-saat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

JWT Lengkey Terkenang CJ Rantung Saat Bangun Monumen Trikora di Bitung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

JWT Lengkey Terkenang CJ Rantung Saat Bangun Monumen Trikora di Bitung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger