Rombongan Touring Suzuki Kunjungi Mesjid Tertua di Sulsel

Written By Unknown on Senin, 25 Maret 2013 | 11.35

Tribun Manado - Senin, 25 Maret 2013 11:59 WITA

Laporan wartawan Tribun Manado Deffriatno Neke

TRIBUNMANADO.CO.ID

- Pada hari ketiga Touring motor Suzuki Inazuma 250 CC melakukan kunjungan ke masjid tua di Sulawesi Selatan. Mesjid ini, Masjid Djami' Toea yang berada di Kota Palopo, Sulsel, telah berumur sekitar 400 tahun.

Menurut Humas masjid Djami' Toea, Usman Badul Mallah, masjid tertua di Sulsel ini dibangun sekitar tahun 1604 masehi. Masjid ini merupakan lambang asal mulanya islam masuk di Sulsel.

"Yang bawa islam ke Sulsel ini dari ulama besar asal Minangkabau yang benama Datuk Soelaeman yang digelar Datuk Pattimang. Tahun 1593 masehi.," kata Usman, kepada rombongan Touring Motor Suzuki Inazuma 250 CC, Senin (25/3/2013).

Ia menambahkan, bangunan mesjid ini didirikan dari batu dan tanah liat yang bercampur putih telur. Mesjid ini mempunyai ukuran 12x12 meter yang bisa menampung sekitar puluhan jamaah.

"Lebar dindingnya sekitar 95 centimeter sehingga sangat tebal dan kuat. Ini dulu juga digunakan untuk basis pertahanan waktu zaman portugis," ujarnya.

Ia menambahkan, masjid ini kembali direnovasi oleh Pong Mante. Ditengah masjid terdapat lima tiang yang menggambarkan rukun islam. Dan ditengah-tengah masjid terdapat tiang besar dengan panjang 9 meter 50 centimeter.

"Tiang tengah ini dulunya merupakan pohon china guri, atau pohon kenanga. Tiangnya sengaja di pugar supaya masyarakat tidak mengambilnya karena tiang ini dipercaya dapat dijadikan segala jenis obat, padahal tidak sama sekali," ucap Usman.

Bangunan masjid Djami' Toea ini hingga sekarang masih terlihat bangunan asli yang masih bertahan hingga saat ini. Atap masjid asli, yang digunakan dengan kayu pasak. Saat ini Masjid Djami' Toea menjadi bagian dari logo Kota Palopo.

Setelah melihat masjid tua tersebut, rombongan Touring Suzuki Inazuma 250 CC, kembali melanjutkan perjalanan ke Toraja dengan jarak tempuh sekitar 61 kilometer.


Anda sedang membaca artikel tentang

Rombongan Touring Suzuki Kunjungi Mesjid Tertua di Sulsel

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/03/rombongan-touring-suzuki-kunjungi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rombongan Touring Suzuki Kunjungi Mesjid Tertua di Sulsel

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rombongan Touring Suzuki Kunjungi Mesjid Tertua di Sulsel

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger