Pemprov Klaim tak Punya Tunggakan Pajak

Written By Unknown on Rabu, 09 Januari 2013 | 11.35

Tribun Manado - Rabu, 9 Januari 2013 12:03 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID,  MANADO -

  Pemerintah Provinsi Sulut memastikan tak pernah menahan pajak hingga Rp 90 miliar di 2011, seperti temuan yang dibeberkan BPK RI, beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Praseno Hadi kepada Tribun Manado, Selasa (8/1).

"Tidak ada tunggakan pajak, mungkin itu (Rp 90 M) data seluruh pemprov bukan pemprov Sulutnya. Kita tidak pernah ada tunggakan, menyesatkan itu, kecuali kita nunggak. Saya diam saja karena tidak benar," ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kabag Humas Pemprov Sulut, Jackson Ruaw, nilai Rp 90 miliar pajak pemotongan pihak ke tiga merupakan jumlah keseluruhan kabupaten/Kota dan Pemprov di Sulut. Sementara pajak pihak ketika Pemprov hanya Rp 10,5 miliar.

Ruaw juga mengungkapkan, sangat tidak tepat bila dikatakan menunggak, karena faktanya dana saja yang terlambat di posting di Bank persepsi.

"Pajak pihak ke tiga, bukan tunggakan, itu bahasanya adalah pajak 2011 yang belum terposting atau terimput di nank persepsi," jelas Ruaw.

Ia menjelaskan, pajak pihak ketiga
sesuai aturan dipungut dipotong oleh bendahawawan Umum daerah (BUD)  setelah dipotong disetorkan ke Bank Persepsi, namun karena kendala administratif yang tak terselesaikan tidak terimput pada akhir tahun anggaran, nanti di posting pada
awal bulan tahun berikutnya.

"2011 pajak sampai per 31 desember belum terposting, sehingga nanti dilakukan pada awal hari bulan tahun berikutnya yaitu januari 2012. Itu bukan tunggakkan," kata dia.

Ruaw mengatakan, selanjutnya untuk pajak pihak ketiga yang dipotong Pemprov Sulut di akhir tahun 2012 ada Rp 5,9 Miliar, "Seharusnya sudah terposting di Januari
2013," katanya.

Mantan Camat Sario ini mengungkapkan, pada dasarnya Pemprov dalam rangka tertib anggaran tetap mengacu pada peraturan undang-undang berlaku.

"Kita tetap melaukan tertib anggaran, kita berkomitmen mengejar target opini BPK WTP," sebutnya. (ryo)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemprov Klaim tak Punya Tunggakan Pajak

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/01/pemprov-klaim-tak-punya-tunggakan-pajak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemprov Klaim tak Punya Tunggakan Pajak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemprov Klaim tak Punya Tunggakan Pajak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger