Pemkab Boltim Siapkan ADD Rp 7,6 Miliar

Written By Unknown on Senin, 07 Januari 2013 | 11.35

Tribun Manado - Senin, 7 Januari 2013 12:14 WITA

Laporan wartawan Tribun Manado Aldi Ponge

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOLTIM

- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) semakin melakukan pembangunan berbasis pedesaan. Pasalnya tahun ini dana sebesar Rp 7,6 miliar diperuntukkan untuk Alokasi Dana Desa (ADD).

Dana yang dialokasikan khusus dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013 ini dalam rangka menunjang pembangunan di pedesaan naik dari Rp 5,1 miliar tahun lalu. "Jika beberapa tahun ini kita menggunakan sistem ADD minimal maka mulai tahun ini kita akan menggunakan sistem proporsional," jelas Sekretaris Badan Pembardayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD), Jusuf Taridala, Minggu (6/1/2013) melalui telepon kepada Tribun Manado.

Jusuf menjelaskan jika sistem minimal semua desa di Boltim mendapatkan Rp 100 juta per desa. Maka sistim proporsional masing-masing desa mendapatkan besaran ADD yang berbeda sesuai dengan kajian yang diatur oleh aturan yang ada." Dasar disistem proporsional adalah Permendagri nomor 37 tentang pengelolaan keuangan desa dan Surat edaran 640 dan 286," jelas Jusuf.

Jusuf menjelaskan indikator utama yang akan membedakan jumlah nominal ADD setiap desa adalah tingkat kemiskinan di desa tersebut, keterjangkauan dan anak putus sekolah atau tidak sekolah dibawah usia 9 tahun, tingkat kesehatan masyarakat seperti adanya penyakit menular. "Sedangkan luas wilayah dan jumlah penduduk hanya indikator tambahan," jelas Jusuf.

Kata Jusuf, indikator utama tersebut berperan meningkatnya pemberian ADD di desa tersebut. "Sekarang kami mulai mengkaji indikator tersebut di setiap desa. Nantinya dana sebesar Rp 7.650 juta akan disalurkan secara proporsional," tuturnya.

Katanya, saat daftar penggunaan anggaran (DPA) turun maka pihaknya akan langsung bekerja termasuk turun ke desa-desa untuk menjelaskan penggunaan anggaran (Pagu) yang akan di dapatkan setiap desa nantinya.
"Nantinya akan ada yang dapat dana ADD diatas Rp 200 jutta seperti desa Kokapoi dan Moyong kota. Penyalurannya pun tetap dua tahap," jelasnya.

Disinggung tentang akan bertambahnya jumlah desa di Boltim setelah 30 desa dimekarkan. Jusuf mengatakan pihaknya tetap menggunakan standar 51 desa yang ada namun hal tersebut tetap menjadi pertimbangan pihaknya untuk menentukan besaran ADD di desa induk.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemkab Boltim Siapkan ADD Rp 7,6 Miliar

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/01/pemkab-boltim-siapkan-add-rp-76-miliar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemkab Boltim Siapkan ADD Rp 7,6 Miliar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemkab Boltim Siapkan ADD Rp 7,6 Miliar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger