Ini Kendala Pembebasan Lahan Tol Manado Bitung

Written By Unknown on Senin, 12 November 2012 | 11.35

Tribun Manado - Senin, 12 November 2012 12:24 WITA

Laporan wartawan Tribun Manado Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO

-  Proses pembebasan lahan Tol Manado-Bitung tinggal menyisakan waktu sebulan lebih, namun belum ada tanda-tanda pekerjaan itu rampung. Hal itu pun menjadi. Sorotan sejumlah Anggota DPRD Sulut, saat rapat Badan Anggaran di Gedung DPRD Sullut, Akhir pekan lalu.

Herry Tombeng, Politisi Gerindra mengatakan, Pemprov kurang transparan mengenai progres pembebasan lahan tol. Pasalnya menjelang tenggang waktu, ia belum memperoleh informasi sejauh mana capaian pembebasan lahan "Saya saja yang punya lahan belum dapat kabar. Tidak pernah dihubungi," ujarnya dalam rapat.

Idealnya, kata Tombeng tim pembebasan lahan melaporkan progresnya ke DPRD, mengingat sebanyak Rp 100 miliar uang negara digunakan untuk proyek itu

"Serapan anggarannya berapa? Saya rasa masih sangat minim (penyerapan anggaran) di lapangan  realisasinya seperti apa? kita tidak tahu," sebut Tombeng

Ia berharap ke depannya eksekutif lebih transparan memberikan informasi soal progres pembebasan lahan.

Menanggapi sorotan dewan, Sekretaris Provinsi Sulut, Ir Rachmat Mokodongan mengakui pembebasan lahan kendala di lapangan.

"Ada kendala alat ukur di lapangan," ungkap Sekprov.

Namun masalah itu menurut Mokdongan segera teratasi, akan ada penambahan dua alat baru. "Selain itu, akan ada juga penambahan petugas BPN, dari seluruh kabupaten/kota dengan ditambah, dua alat. Nantinya akan terbaginya tiga grup, mudah-mudahan, bisa maksimal sampai akhir tahun," katanya.

Lanjutnya, untuk warga yang tanahnya akan dibebaskan tak perlu kuatir, Pemprov akan tetap menghubungi. Pembayaran ganti rugi lahan pun akan dilakukan secara adil dengan patokan rata-rata harga Nilai Jual Objek Pajak dan harga pasar.

"Mudah-mudahan akan tambah berkah bagi yang diganti rugi tanahnya, apalagi sudah mau akhir tahun," pungkasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Kendala Pembebasan Lahan Tol Manado Bitung

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2012/11/ini-kendala-pembebasan-lahan-tol-manado.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Kendala Pembebasan Lahan Tol Manado Bitung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Kendala Pembebasan Lahan Tol Manado Bitung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger