Pasar Saham Amerika Dipengaruhi PDB Ekonomi Spanyol

Written By Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012 | 11.35

Tribun Manado - Rabu, 24 Oktober 2012 12:14 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado Deffriatno Neke

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO

- Indeks Dow Jones Amerika, Selasa (23/10/2012) malam ditutup turun sebesar 243 poin atau 1,82 persen pada posisi 13.102. Penurunan ini terutama atas rilis kinerja emiten kuartal III-2012 yang di bawah estimasi konsensus.

"Pasar saham Amerika juga dipengaruhi oleh rilis data PDB ekonomi Spanyol kuartal III-2012 yang lebih rendah dari kuartal sebelumnya," kata Penanggung Jawab IPOT Manado, Cichi Rahayu Pamona, kepada Tribun Manado, Rabu (24/10).

Cichi menambahkan estimasi investor saham Amerika yang konsensus menyatakan pelemahan pertumbuhan pada kuartal III-2012 dibandingkan tahun 2011 terbukti tidak cukup rendah, sehingga investor saham Amerika masih mengalami kejutan negatif signifikan kemarin atas kinerja beberapa emiten. Rilis kinerja kuartal III-2012 emiten DuPont menyebabkan harga saham turun 9,06% dalam sehari.

"DuPont juga merilis berita kemarin bahwa akan memutuskan hubungan kerja dengan 1,500 karyawannya dalam menghadapai pelemahan ekonomi global. Selain itu, emiten 3M juga turun 3,8 persen dalam sehari atas kinerja yang kurang memuaskan," ujarnya.

Ia menjelaskan, Wall Street tidak menerima rilis data ekonomi Amerika kemarin. Hari ini investor akan mencermati hasil rapat FOMC dan, diantaranya, rilis data penjualan rumah baru, dan data persediaan minyak.

"Pasar saham Amerika kemarin juga dipengaruhi oleh sentimen negatif atas rilis data PDB Spanyol untuk kuartal III-2012 pada minus 1,7 persen atau pelemahan lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya pada minus 1,3 persen. Menambah berita negatif dari Eropa adalah penurunan peringkat oleh Standard & Poor's untuk lima wilayah di Spanyol," ucap Cichi.

Perdagangan WTI kemarin ditutup turun signfikan 2,72 persen pada USD 86,32/barel dipengaruhi juga oleh prospek rilis data persediaan minyak nanti malam yang diperkirakan akan meningkat. (def)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pasar Saham Amerika Dipengaruhi PDB Ekonomi Spanyol

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2012/10/pasar-saham-amerika-dipengaruhi-pdb.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pasar Saham Amerika Dipengaruhi PDB Ekonomi Spanyol

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pasar Saham Amerika Dipengaruhi PDB Ekonomi Spanyol

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger